Wisata  

Wisata Seru di Teluk Biru Banyuwangi (Blue Bay)

Wisata Seru di Teluk Biru Banyuwangi
Wisata Seru di Teluk Biru Banyuwangi

Wisata Seru di Teluk Biru Banyuwangi (Blue Bay) – Di daerah Banyuwangi ternyata tidak akan ada habisnya bila membahas tentang tempat wisata di tempat ini. Selain terkenal karena memiliki tempat wisata kawah ijen dan pulau merah, daerah ini juga memiliki sebuah tempat wisata lain yang tak kalah indahnya  bernama Blue Bay atau Teluk Biru Banyuwangi. Keseruan apa saja yang bisa Anda dapatkan di Blue Bay (Teluk Biru) Banyuwangi? Berikut ulasannya.

Wisata Seru di Teluk Biru Banyuwangi

Alamat :
Sengrong, Purworejo Alas Purwo National Park Purworejo Purworejo,
Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68484

Lokasi dan Akses Menuju Blue Bay

Blue Bay Banyuwangi berada di sebuah kecamatan Muncar Banyuwangi bagian selatan, tepatnya di balik Semenanjung Sembulungan dekat dengan kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Oleh masyarakat setempat nama tempat Blue Bay dikenal dengan nama Senggrong.

Untuk menuju daerah Blue Bay, Anda hanya bisa menggunakan akses dengan menggunakan jalur laut, karena untuk jalur darat belum tersedia. Untuk menyewa boat aau perahu menuju Teluk Biru sekitar Rp 300.000,- – Rp 500.000,- dengan lama perjalanan kurang lebih selama 2 jam.

Agar lebih aman pergilah saat sore hari ketika ombak sedang tidak terlalu besar dan tinggi. Jika pagi dan siang keadaan ombak di daerah muncar sangat besar dan biasanya para nelayan tidak mau mengambil resiko untuk pergi. Sambil menikmati perjalanan ke Teluk Biru Anda akan ditemani bersama indahnya sunrise di tengah lautan.

Kondisi Alam Blue Bay

Blue Bay (Teluk Biru) Banyuwangi memiliki keindahan di dasar laut yang begitu indah. Tak heran tujuan para wisatawan berkunjung ke tempat ini adalah untuk bersnorkleing ria. Untuk peralatan snorklening bisa Anda sewa di sekitar tempat wisata. Keindahan alam lain yang tampak di Teluk ini adalah kondisi air laut yang masih alami belum banyak orang menjamahi tempat ini, sehingga air laut masih terlihat jernih dan berwarna biru.

Kondisi alam di Blue Bay ini juga sering terjadi pengeboman ikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu terdapat sebuah komunitas yang bernaam Pokmaswas gemuruh yang didirikan oleh masyarakat setempat.

Kegiatan yang dilakukan komunitas tersebut adalah penanaman pohon mangrove, penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang, serta kegiatan lingkungan lainnya yang mereka lakukan untuk menjaga kelestarian alam di Banyuwangi.

Walaupun jarang dikunjungi wisatawan, tempat inti sudah tersedia sebuah penginapan berupa home stay ataupun tempat penginapan pada umumnya. Sambil menikmati keindahan malam di Blue Bay Anda pun bisa menyantap hidangan laut yang dibakar sendiri ataupun yang telah disajikan di warung makan yang ada di sekitar lokasi.

Penutup

Demikianlah tadi ulasan yang dapat kami bagikan, semoga informasi mengenai Blue Bay (Teluk Biru) Banyuwangi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin berlibur ke Banyuwangi. Selamat berlibur, dan Happy Travelling!!