Wisata  

Pantai Tureloto Nias Utara Traveling ke ‘Laut Mati’ Versi Indonesia

Pantai Tureloto Nias Utara
Pantai Tureloto Nias Utara

Pantai Tureloto Nias Utara Traveling ke ‘Laut Mati’ Versi Indonesia – Laut mati adalah fenomena alam yang sangat terkenal di dunia. Di dunia Laut Mati berada di perbatasan antara wilayah Israel, Palestina dan Yodarnia. Tidak ada kehidupan di dalam laut mati dikarenakan air di Laut Mati memiliki kandungan garam 32% (umumnya hanya 3%). Suasana di Laut Mati juga sangat tenang, sehingga cocok untuk bersantai. Lantas kita harus ke Yodarnia sana untuk menikmati sensasi traveling ke Laut Mati?

Tentu saja tidak. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk ke luar negeri. Indonesia mempunya Laut Mati sendiri lhooo. Laut Mati versi Indonesia ini yaitu Pantai Tureloto Nias, yang letaknya berada di desa Balefadorotuho, Kec Lahewa, Kab Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara.

Pantai Tureloto meiliki kadar garam yang juga tergolong tinggi, meskipun kadarnya tidak setinggi yang ada di Yordania. Sehingga ketika kamu berenang dan menyelam di Laut Mati Indonesia ini, kamu masih bisa menemukan biota laut di bawahnya.

Tak berbeda jauh dengan Laut Mati yang ada di Yordania, sehingga bagi anda yang mungkin tak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena kandungan garam yang tinggi di air laut Pantai Turetolo ini dapat membuat maassa tubuh menjadi lebih ringan, sehingga dapat mengapung dengan sendirinya.

Atmosfer alam yang di pantai ini pun cukup menenangkan. Suasana yang ada di Pantai Tureloto ini sangat tenang dan tidak ada ombak yang besar. Anda hanya akan mendengar riak riak kecil yang menyapu sampai bibir pantai dengan perlahan.

Tidak adanya ombak besar di Pantai Tureloto karena adanya ‘benteng alam’ yang tercipta secara alami. Benteng alam tersebut berupa karang yang menyerupai otak dan terletak sejauh beberapa ratus meter dari bibir pantai, sehingga berfungsi sebagai pemecah ombak.

Baca Juga :   Danau Singkarak, Objek Wisata Danau yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumatera Barat

Pemandangan saat pagi hingga siang hari akan memanjakan mata anda, perpaduan birunya laut yang mempunyai degradasi warna lembayung hingga warna putihnya pasir di pesisir pantai menyajikan keindahan tersendiri.

Meskipun pantai ini belum terkenal dan terekspos secara luas, namun kamu tak perlu khawatir karena fasilitasnya sudah lengkap. Fasilitas sudah dilengkapi oleh pihak pengelola antara lain toilet, tempat makan yang menyajikan masakan khas Pulau Nias, serta sudah ada penginapan.

Akses ke Pantai Tureloto Nias Utara

map Pantai Tureloto Nias Utara
map Pantai Tureloto Nias Utara

Map : https://goo.gl/maps/ets63abDa8FShydc8

Bagi anda yang ingin berkunjung, anda bisa menuju Pantai Tureloto ini dengan cara berangkat dari Bandara Binaka Nias atau Kota Gunung Sitoli, kemudian kamu bisa menemukan petunjuk arah menuju pantai tersebut. Perkiraan waktu kurang lebih hanya sekitar 2 jam saja

Demikianlah tadi informasi salah satu objek wisata yang ada di Nias. Apakah kamu tertarik untuk menikmati sensasi Laut Mati versi Indonesia ini? Jadi segera kemasi barang bawaanmu dan pergilah ke Pantai Tureloto Nias, Selamat travelling !!