Press Release sebagai Alat Pemasaran

Press Release sebagai Alat Pemasaran
Press Release sebagai Alat Pemasaran

Inforakyat.id – Bagi suatu perusahaan, keuntungan penjualan menjadi hal yang sangat penting. Banyak cara yang dapat ditempuh salah satunya adalah dengan menggunakan siaran pers. Fungsi siaran pers dalam perusahaan sangat penting untuk membangun citra perusahaan di mata masyarakat. Di samping itu, fungsi Press Release sebagai Alat Pemasaran dapat mengajak seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan menggunakan pemasaran via siaran pers ini perusahaan mendapat laba besar.

Penggunaan siaran pers ini dapat kita temukan pada iklan-iklan di surat kabar. Iklan pada surat kabar sarat dengan informasi tentang barang suatu perusahaan yang ditawarkan. Selain itu, pemasaran via siaran pers ini sangat efektif untuk meningkatkan laba mereka dengan pengeluaran yang minimum.

Sedikit berbeda dengan iklan, press release merupakan cara berpromosi menggunakan media massa dengan meyajikan berita atau informasi yang dibawakan dengan lebih soft. Berbeda dengan iklan yang cenderung bombastis, menonjol, dan menyita perhatian. Press release atau liputan ini dibawakan secara halus, berisi narasi serta deskripsi produk properti yang dibawakan. Hal ini tentuna berbeda dengan iklan atau advertensi yang disampaikan oleh pemilik produk, Press release cenderung lebih seperti layaknya “mouth to mouth advertising”.

Cara membuat siaran pers dapat dibilang susah-susah gampang. Hal ini didasari karena daya kreatifitas tiap orang yang berbeda-beda. Daya kreatifitas menjadi ujung tombak kelancaran pemasaran via siaran pers ini. Berikut cara membuat siaran pers yang baik.

  1. Pertama, usahakan teks tersebut adalah iklan terbaru. Hal ini bertujuan tidak membuat masyarakat merasa tertipu. Di samping itu usahakan agar memberi batasan masalah yang dibahas agar masyarakat terfokus pada satu hal.
  2. Kedua, teks yang siaran pers dapat membuat pembaca merasa tertarik untuk membacanya. Tujuannya agar masyarakat tertarik dan menyimak siaran pers tersebut. Cara yang dapat dilakukan dengan membuat teks tanpa basa-basi dan langsung ke tujuan utama siaran pers.
  3. Ketiga, mulai dengan inti permasalahan dan seputar lingkup masalahnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat langsung mendapat gambaran tentang siaran pers perusahaan.
  4. Keempat, paragraf pertama teks harus padat dengan informasi yang akan disampaikan. Ini karena kalimat pertama menentukan apakah pembaca akan melanjutkan membaca siaran pers kita atau meninggalkannya.
  5. Kelima, hindari penggunaan bahasa khayal dan kata sifat dan yang terakhir adalah buat teks ini segampang mungkin untuk dapat dibaca oleh masyarakat.

Baca Juga : Mana yang Anda Kerjakan, Marketing atau Advertising ?

Demikianlah tadi sedikit pembahasan mengenai Press Release sebagai Alat Pemasaran. Dengan demikian, diharapkan Anda dapat mengetahui fungsi siaran pers dan cara membuat siaran pers yang benar. Bahkan Anda dapat juga mengetahui ilmu pemasaran via siaran pers. Semoga dapat memberikan referensi bermanfaat, dan salam sukses untuk anda!

Baca Juga :   Free Fire Space Spin 99999 Diamond FF Gratis Hari Ini September 2021