Gejala Dan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Gejala Dan Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Gejala Dan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Inforakyat.id – Darah tinggi adalah penyakit berbahaya yang sangat ditakuti di seluruh dunia. Penyebab Tekanan Darah Tinggi sering diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman keras dan kurangnya waktu istirahat. Gejala darah tinggi cukup sulit dikenali secara pasti, tapi bisa dengan mudah diketahui oleh dokter dengan melakukan tes tekanan darah.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Untuk mengetahui apakah pasien terkena tekanan darah tinggi atau tidak biasanya dokter akan melakukan tes tekanan darah. Dokter menempatkan manset tekanan darah pada lengan, yang berfungsi mengukur tekanan dalam pembuluh darah. Jika pasien didiagnosis terkena tekanan darah tinggi, maka pasien harus menghindari makanan atau minuman seperti kopi, minuman bersoda, daging merah dan makanan berlemak lainnya. Berikut beberapa penyebab tekanan darah tinggi paling umum:

  1. Obesitas.

Memiliki berat badan berlebih memang menempatkan anda pada risiko besar terserang penyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi dan diabetes. Penelitian menunjukkan orang yang gemuk memiliki kemungkinan 10 tahun meninggal lebih awal dibandingkan mereka dengan berat badan normal. Tentunya informasi ini bukan bermaksud menakut-nakuti mereka dengan badan gemuk, tetapi lebih membuat mereka waspada.

  1. Stres.

Penyakit darah tinggi sangat erat kaitannya dengan managemen stres yang buruk. Perasaan khawatir berlebih akan membuat jantung kita berdenyut lebih cepat dari pada biasanya sehingga meningkatkan risiko darah tinggi. Kabar baiknya, ada beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk menghilangkan stres, seperti bernafas dalam-dalam atau sekedar keluar untuk menghirup udara segar.

  1. Kekurangan kalsium.

Anda mengenal kalsium sebagai nutrisi untuk tulang, tetapi sebenarnya fungsi kalsium tidak sesederhana itu. Kalsium memainkan banyak peran penting di dalam tubuh kita, salah satunya menjaga kestabilan tekanan darah. Akibatnya kekurangan kalsium bisa menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).

  1. Kekurangan kalium.

Nutrisi lainnya yang tidak kalah penting adalah kalium. Kalium bermanfaat menjaga detak jantung anda pada tingkat normal sehingga akan mencegah darah tinggi. ada banya makanan yang mengandung tinggi kalium seperti sayuran hijau, alpukat, pisang dan kentang. Kekurangan kalium dari makanan dapat memperbesar risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga :   Kode Redeem Higgs Domino 26 September 2021 Hari Ini