UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan?

UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan?
UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan?

UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan? – Sejak Covid 19 dinyatakan sebagai pandemi oleh badan kesehatan dunia, sontak membuat berbagai aspek kehidupan berubah. Tak luput dari dampaknya adalah sektor ekonomi di berbagai kelas, mulai dari pelaku usaha kecil menengah, pabrik-pabrik besar hingga para pengambil kebijakan di bidang ekonomi. Semuanya carut marut serta kebingungan.

Pun demikian roda perekonomian tidak boleh berhenti. Dan satu-satunya jalan agar roda perekonomian tetap berjalan adalah dengan menemukan strategi-strategi baru untuk menyesuaikan diri terhadap keadaan yang bisa dikatakan benar-benar ‘aneh’ bagi setiap masyarakat ini.

UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan?

Saat ini semua pelaku usaha sedang menghadapi sebuah tantangan besar yaitu perubahan perilaku masyarakat. Dan dilihat dari kacamata kebutuhan akan suatu produk ataupun jasa, perubahan perilaku tersebut mencakup segala sisi termasuk produksi, konsumsi dan distribusi.

Cara Agar UKM Bertahan Di Musim Pandemi Covid 19 sekarang ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan. Agar UKM bertahan di tengah pandemi Covid 19 maka satu-satunya jalan adalah mereka harus membangun motivasi, memupuk optimisme dan mencari strategi baru dalam usaha agar tak mudah pupus di tengah situasi pandemi sekarang ini yang serba tidak menentu ini.

Lebih Peka Terhadap Kondisi Rantai Kegiatan Ekonomi

Ditengah ketidak menentuan, anda harus waspada terhadap rentan-rapuhnya rantai kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Sebagai ilustrasi, bisa saja bisnis anda saat ini tidak mengalami penurunan suplai stok, tapi kalau di sisi distribusi dan konsumsi macet, lantas apa gunanya produksi? Itu adalah contoh kecil akan hal-hal yang harus diwaspadai.

Baca Juga :   FF Demon S2 God Level Max Terbaru 2021

Mulai sekarang harus lebih sering melakukan brainstorming sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang sangat mungkin terjadi seperti yang dicontohkan.

Optimisme Adalah ‘Barang’ Mahal Saat Ini

Meskipun faktanya tak ada seorang-pun yang bisa menjamin optimisme di tengah wabah, tapi itulah yang wajib kita tanamkan pada diri sendiri dan orang lain. Salah satu cara menanamkan optimisme adalah berusaha sekuat tenaga agar usaha yang sudah berjalan tidak bangkrut dan terus bisa memberikan manfaat kepada konsumen.