Tahapan Cara Budidaya Ikan Mujaer di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Mujaer di Kolam Beton
Cara Budidaya Ikan Mujaer di Kolam Beton

Tahapan Cara Budidaya Ikan Mujaer di Kolam Beton – Ikan merupakan salah satu sumber protein yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah ikan mujaer. Ikan yang memiliki nama latin Oreochromis mossambicus ini berasal dari perairan di benua Afrika yang kemudian dengan cepat menyebar ke berbagai belahan dunia yang lain.

Di Indonesia sendiri, ikan ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Mujair sehingga untuk menghargai jasanya maka ikan ini diberi nama ikan mujair.

Tahapan Cara Budidaya Ikan Mujaer di Kolam Beton

Ikan mujaer ini merupakan ikan yang hidup di air twar dengan panjang tubuhnya kurang lebih 40 cm pada saat dewasa, ikan ini memiliki ciri fisik yakni badannya berbentuk pipih dan memiliki warna hitam keabu – abuan, kecokelatan, atau kekuningan. Ikan ini juga memiliki waktu pertumbuhan yang relatif cepat dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap garam. Ikanini juga cukup mudah dibudidayakan melalui beberapa metode, salah satunya adalah dengan menggunakan kolam dari beton, berikut ini ulasannya.

  1. Bersihkan Kolam Beton

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan budidaya ikan mujair di kolam beton adalah dengan terlebih dahulu membersihkan kolam beton sebelum Anda gunakan untuk melakukan budidaya ikan mujair pasalnya bahan beton yang akan Anda gunakan untuk membuat kolam memiliki kandungan berbagai bahan kimia yang menempel sehingga dikuatirkan ikan tersebut akan mati.

  1. Persiapan Media

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan dalam melakukan budidaya ikan mujair di kolam beton adalah dengan menyipakan media pemeliharaan, cara ini dilakukan dengan mengeringkan kolam selama beberapa hari, kemudian dilakukan pengapuran sebanyak 25 gram per meter persegi yang bertujuan untuk memberantas berbagai hama dan penyakit yang bisa mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Baca Juga :   Arti Pantek Viral Tiktok? Ini Jawabannya

 

Selanjutnya —> Pemupukan