Phising Link Marak Jadi Kasus Penipuan Online Saat Ini

Phising Link
Phising Link

Inforakyat.id – Di era teknologi seperti saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan dunia digital dalam kehidupannya. Namun masih banyak juga masyarakat yang tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan tidak. Sehingga banyak para pelaku yang memanfaatkan phising link sebagai ladang untuk mendapatkan uang dan menipu banyak korban.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait phising yang berbentuk link dan biasanya digunakan untuk tindak penipuan. Untuk lebih berhati – hati, Anda bisa menyimak ulasan berikut!

Phising Link Marak Jadi Kasus Penipuan Online

Sebagaimana yang sering terjadi pada era digital atau internet saat ini banyak pengguna internet yang mendapatkan link atau tautan dengan informasi yang kurang atau tidak jelas.

Biasanya para pengguna internet yang mendapatkan link tersebut akan membukanya karena rasa penasaran. Sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa link yang dikirmkan oleh pelaku sebenarnya adalah link palsu.

Beberapa oknum melakukan hal tersebut dengan tujuan untuk menipu atau mengambil beberapa informasi dari data yang terdapat pada ponsel korban atau calon korban.  Kejadian link palsu ini disebut juga dengan phising link.

Kejahatan satu ini bisa berdampak kepada siapa saja dan dimana saja. Oleh karenanya, masyarakat harus tetap untuk hati – hati ketika menggunakan internet agar tidak mudah terkena penipuan link phising ini.

Phising link sendiri ada dengan tujuan phising memancing masyarakat atau khususnya pengguna sosial media untuk masuk ke dalam modus penipuan yang dilakukan oleh beberapa oknum.

Pada umumnya link phising berbentuk seperti link atau tautan yang pendek. Namun, saat ini para pelaku pishing sudah mulai memperbaiki dan menginovasi agar linknya sama dengan link – link yang diberikan oleh institusi tertentu.

Baca Juga :   Arti Pantek Viral Tiktok? Ini Jawabannya

Agar link mirip dengan yang asli, biasanya para pelaku akan membeli domain dengan tujuan agar masyarakat lebih mudah untuk terpegaruh dan tertipu. Meskipun pemerintah telah memberikan himbauan namun masih saja banyak oknum link phising yang bertebaran.

Oleh karena itu kehati – hatian dan kewaspadaan dengan bertebarannya link palsu harus semakin ditingkatkan. Bahkan yang terbaru, banyak pengedar link yang tidak jelas semacam itu atau phising memberikan reward, bonus, hadiah dan sejenisnya untuk meningkatkan rasa ketertarikan pengguna internet agar mau klik link yang dibagikan.

Link phising bisa dihindari. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan keamanan device atau laptop yang Anda miliki. Dikutip dari buku hasil karya Howard yang menyebutkan bahwa keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau ornag yang mengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

 

Untuk lebih spesifiknya, Anda bisa mengikuti tips – tips berikut ini agar terhindari dari link palsu atau tautan palsu :