Konsumen Membandingkan Harga? Ini Tips Mengatasinya

Konsumen Membandingkan Harga
Konsumen Membandingkan Harga

Konsumen Membandingkan Harga? Ini Tips Mengatasinya – Dunia bisnis memang sangatlah seru untuk diselami lebih dalam, ditambah lagi dengan konsumen yang mempunyai karakternya sendiri – sendiri. Namun ada kalanya dalam dunia bisnis akan bertemu dengan konsumen yang mempunyai karakter sangat unik sehingga kita harus menggunakan teknik jitu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen namun dengan kualitas pelayanan yang tetap terjaga.

Secara tidak langsung, konsumen unik tersebut akan menguji kemampuanmu dan akan membuatmu belajar bagaimana cara menghadapi konsumen dengan karakter yang sama. Konsumen yang paling dominan perilakunya di pasar bisnis adalah konsumen yang suka membanding – bandingkan harga.

Perbedaan harga adalah hal yang sangat lumrah dalam dunia jual beli, kamu sebagai penjual yang professional sudah seharusnya mampu menghadapi konsumen dengan jenis yang suka membanding – bandingkan harga toko satu dengan toko lainnya. Dibawah ini beberapa Tips Menghadapi Konsumen Yang Suka Membandingkan Harga.

Tips pertama adalah tarik nafasmu dalam – dalam lewat hidung dan hembuskan lewat mulut. Tetaplah tenang dalam menghadapi konsumen ini, jangan terprovokasi karena akan menambah masalah baru dan memperburuk citra usahamu. Apabila kedatangan konsumen seperti itu jangan langsung menurunkan harga, karena mungkin saja itu scenario dari konsumen untuk mendapatkan harga yang murah.

Harga yang kamu pasang sudah seharusnya mendapatkan untung, jadi ketika kamu memutuskan untuk menurunkan harga kamu harus tetap untung. Namun apabila kamu sudah memasang harga pas dan tidak bisa ditawar, maka pastikan harga tersebut tidak berubah meskipun konsumen menawar dengan membanding – bandingkan. Katakana kepada konsumen kesayanganmu bahwa harga yang sudah kamu pasang sangat sesuai dengan kualitas produk tersebut. Harga membawa kualitas.

Yang kedua adalah menyelidiki profil dari calon konsumen. Memang sangat sulit sekali menyelidiki konsumen, apalagi konsumen yang akan datang padamu akan sangat bervariasi. Malah di Indonesia ini ada daerah tertentu yang mempunyai kebiasaan untuk membandingkan harga dalam tawar menawar harga. Karena itu kamu sebagai pebisnis professional harus mulai mempelajari konsumenmu.

Ketiga adalah dengan memahami bahwa harga yang berbeda itu sangat wajar dalam dunia bisnis. Keuntungan setiap pebisnis berbeda – beda hitungannya karena mereka juga menghabiskan modal yang berbeda pula. Sudah menjadi hukum ekonomi dimana konsumen mencari kepuasan berbelanja setinggi – tingginya dengan harga semurah – murahnya. Bahkan menurut sebuah penelitian mengenai toko online, dimana ketika calon pembeli melihat harga di website maka rasa untuk ingin menawar harga akan turun sebesar 53%.

Yang terakhir adalah ada harga, ada kualitas. Rangkaian kata tersebut dalam dunia bisnis sangat berpengaruh sekali. Dengan harga yang bagus, maka konsumen juga akan mendapatkan kualitas yang bagus pula. Dalam berjual beli dengan pernah memanfaatkan ketikdak tahuan konsumen terhadap barang untuk mengeruk untung sebesar – besarnya. Tetap jaga kredibilitas bisnis dengan memberi harga sesuai dengan kualitas.

Baca Juga : Tips Bisnis Kuliner Dengan Konsep Food Truck

Demikianlah tadi diantaranya beberapa tips Tips Menghadapi Konsumen Yang Suka Membandingkan Harga. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda.

Visited 1 times, 1 visit(s) today