Keindahan Eksotis Pantai Watu Ulo Jember

Keindahan Eksotis Pantai Watu Ulo Jember
Keindahan Eksotis Pantai Watu Ulo Jember

Keindahan Eksotis Pantai Watu Ulo Jember – Pantai Watu Ulo terletak di desa Sumber Rejo, kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur, tepatnya sekitar 45 km mengarah ke selatan dari kota Jember. Dan anda tidak akan menemukan banyak kesulitan sebab untuk menuju ke Pantai Watu Ulo Jember bisa ditempuh dengan segala macam kendaraan. Selain itu fasilitas tempat parkir disini cukup memadai sehingga cukup untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak

Keindahan Eksotis Pantai Watu Ulo Jember

Bagi anda yang sudah pernah berkunjung kemari, anda tidak akan merasa kebingungan dengan jalur tempuh untuk menuju kemari. Namun, bagi anda yang belum pernah datang ke pantai ini tidak perlu merasa khawatir.

Ada banyak sekali rute perjalanan untuk menuju ke Pantai Watu Ulo. Namun, yang perlu anda ingat adalah kunci utama yang merupakan sebuah patokan adalah kota Ambulu. Sebab jalan yang paling mulus dan baik adalah dari kota Ambulu. Untuk bisa menikmati semua pemandangan alam yang ada disini anda cukup dengan membayar tiker masuk terbaru saat ini senilai Rp. 7.500,- per orang, belum termasuk biaya parkir mobil R. 5.000,- dan motor Rp. 2.000,-

Asal Usul Watu Ulo

Tempat ini disebut dengan Watu Ulo karena di pantai ini terdapat sebuah batu yang panjang berbentuk seperti ular yang dalam bahasa jawa disebut Ulo. Menurut legenda dikatakan bahwa pada zaman dahulu kala ada seekor ular besar yang sedang bertapa di pantai ini. Setelah permohonannya dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa, maka ular tersebut berubah menjadi batu yang kepalanya menjulur ke arah laut, sedangkan badannya masih berada di daratan.

Baca Juga :   Kode Redeem FF 21 Agustus 2021 Yang Belum Digunakan, Buruan Klaim!

Aktivitas Wisata

Pada jaman penjajahan Jepang, pegunungan di sekitar Pantai Watu Ulo dijadikan sebuah benteng pertahanan serta sebagai tempat untuk mengintai para serdadu musuh yang akan menyusup ke daratan melalui pantai. Benteng pertahanan tersebut berjumlah lima buah yang sering disebut dengan nama Goa Jepang oleh para penduduk sekitar dan menjadi suatu obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi jika anda berkunjung ke pantai ini.

Selain adanya Goa Jepang, di sekitar atau tepatnya di sebelah Watu Ulo ada sebuah goa yang biasa disebut Goa Lawa atau Goa Kalelawar yang dijadikan tempat persembunyian ratusan ribu ekor kalelawar. Anda juga bisa memasuki goa ini dengan caa penyusuri serta melewati pantai yang berpasir.

Setiap tanggal 1 sampau 10 Syawal, setelah Hari Raya Lebaran, selalu diadakan pekan raya yang diikuti dengan berbagai acara hiburan  serta penjualan berbagai hasil kerajinan para nelayan setempat. Dan biasanya, setiap tanggal 7 Syawal selalu diadakan upacara Larung Sesaji atau hari Raya Ketupat. Dalam upacara ini para masyarakat nelayan setempat melemparkan sesaji ke laut lepas.

Cara Menuju Ke Pantai Watu Ulo

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi Pantai Atu Ulo, anda bisa melalui dua rute perjalanan. Rute pertama adalah dari Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Lumajang – Tanggul – Jember – Ambulu lalu langsung ke lokasi Watu Ulo.

Sedangkan rute yang kedua dari Denpasar Bali – Banyuwangi – Jember – Ambulu dan langsung ke lokasi Watu Ulo.

Bagi anda yang berangkat dari arah kota Surabaya terdapat dua jalur alternatif setelah anda sampai di Lumajang. Dari Lumajang belok kiri anda aan melewoti kota Tanggol menuju ke Jember Kota, Dan jalut yang kedua adalah arah yang lurus maka anda alah melewati rute Lumajang – Yosowilangun – Kencong – Balung – Ambulu – dan langsung ke lokasi Watu Ulo.

Baca Juga :   Nonton The Penthouses Drama Season 3 Sub Indo Episode 30 Full

Google Map : https://goo.gl/maps/GonaNW3qehCchmEq7

Fasilitas lain yang terdapat di Pantai Watu Ulo

Di Pantai Watu Ulo Jember juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat anda semakin betah saat berkunjung kemari, antara lain :

  • Taman Bermain Anak-anak
  • Toko oleh-oleh dan souvenir
  • Bumi perkemahan.
  • Warung makanan dan minuman
  • Kantor pengelola
  • Tempat ibadah
  • Tempat parkir
  • Jalanan hotmix