Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Connect Internet

  • Share
XL Tidak Bisa Connect Internet
XL Tidak Bisa Connect Internet

XL Tidak Bisa Connect Internet – XL termasuk salah satu provider yang cukup banyak peminatnya. Salah satu alasannya adalah XL menyediakan banyak layanan paket murah yang tentunya sangat menarik minat. Khususnya untuk urusan internetan, paket internet yang disediakan oleh XL bervariasi, baik dari segi harga maupun besar kuotanya. Ditambah lagi dengan sinyal jaringannya yang kuat dan stabil, menjadi daya tarik lain bagi pengguna.

Namun, ada kalanya sinyal XL bermasalah sehingga pengguna tidak bisa internetan dengan nyaman. Salah satunya adalah XL yang tidak bisa konek ke jaringan internet. Jangan langsung panik, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mudah mengatasi kartu XL tidak bisa connect internet selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Connect Internet

XL Tidak Bisa Connect Internet
XL Tidak Bisa Connect Internet

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sinyal XL yang error dan tidak bisa konek internet tersebut. Apapun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah error jaringan XL tersebut. Adapun langkah mudah mengatasi XL tidak bisa connect internet selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pastikan Kartu Sudah Aktif dan Memiliki Kuota Data

Semua kartu seluler yang digunakan harus sudah diregistrasi terlebih dahulu dengan memasukkan nomor KK dan NIK. Hal ini diberlakukan untuk mencegah aksi penipuan yang kerap kali terjadi di masyarakat. Pastikan kartu XL yang Anda gunakan sudah dilakukan registrasi dengan memasukkan nomor KK dan NIK KTP tersebut.

Baca Juga :   Link Download MB WhatsApp iOS (MB WA) APK Terbaru 2021

Selain itu, pastikan kartu masih tersisa kuota datanya. Cek sisa kuota XL melalui kode dial *123#, jika memang sudah habis maka Anda perlu membelinya lagi.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Cara lainnya untuk mengatasi kartu XL yang tidak tersambung ke internet yakni dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP. Cara ini berguna untuk merestart jaringan yang ada di HP, sehingga masalah sinyal error akan langsung teratasi.

Cukup Anda aktifkan Mode Pesawat tersebut melalui Menu Bar. Tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi. Hidupkan internet seluler seperti biasa, biasanya sinyal XL akan kembali normal dan terhubung ke internet.

3. Mengganti Mode Jaringan XL

Mengganti mode jaringan XL dari 3G ke 4G atau sebaliknya, juga memungkinkan untuk bisa mengatasi masalah jaringan XL yang tidak bisa konek internet tersebut. Misalnya saja jaringan XL di HP disetting ke 4G Only, sedangkan di area Anda saat ini belum tersedia sinyal 4G tersebut.

Anda bisa mengubah jaringannya ke 2G/3G agar HP bisa terhubung ke internet. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP.
  • Masuk ke opsi Koneksi.
  • Pilih Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM XL (SIM1 atau SIM2).
  • Klik Mode Jaringan.
  • Atur ke mode jaringan 2G/3G.

4. Setting Ulang APN XL

Jaringan XL yang error dan tidak bisa terhubung bisa juga disebabkan oleh pengaturan APN yang salah. Sebenarnya di kartu XL sudah tersetting APN default secara otomatis saat kartu diaktifkan. Hanya saja, terkadang APN default tersebut tidak berfungsi normal sehingga perlu diatur ulang.

Untuk mengatur ulang APN XL tersebut, yakni:

  • Buka Pengaturan atau Settings di HP.
  • Masuk ke opsi Koneksi.
  • Klik opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM XL (SIM1 atau SIM2).
  • Klik opsi Nama Akses Poin atau Access Point Name.
  • Klik Tambah, kemudian buat APN XL baru.
  • Simpan dan jadikan sebagai default.
Baca Juga :   Download PicsArt Pro Mod Apk All Premium Unlocked Terbaru

Untuk settingan APN-nya sendiri bisa Anda cari di internet dan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk aktivitas streaming bisa menggunakan APN XL Streaming atau yang lainnya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi XL tidak bisa connect internet yang paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

  • Share