Cara Cek Kartu KIS Dapat Bantuan Secara Online

Cara Cek Kartu KIS
Cara Cek Kartu KIS

Cara cek kartu kis dapat bantuan dapat dilakukan semua pesertanya dengan mudah. Apalagi dapat dilakukan secara online dengan praktis agar dapat mengetahuinya dengan cepat saat sedang membutuhkan.

Anda dapat mengecek kartu KIS tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Karena dapat dilakukan dengan handphone yang anda gunakan sehari-hari atau juga bisa dengan menggunakan PC atau Laptop melalui browser.

Kalau masih ragu dan bingung juga, anda bisa menyimak ulasan inforakyat.id berikut ini yang dapat memberikan pencerahan bagi anda.

Mudahnya Cara Cek Kartu KIS Dapat Bantuan

KIS merupakan kependekan dari Kartu Indonesia Sehat yang merupakan tanda kepesertaan Program JKN. Yang mana program dari pemerintah ini adalah untuk membantu melayani masyarakat mengenai masalah kesehatan. Utamanya bagi masyarakat kurang mampu yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

1.      Tentang Kartu KIS

KIS ini sendiri dikeluarkan oleh BPJS kesehatan untuk semua peserta program JKN yang telah terdaftar. Sehingga dapat membantu mereka saat membutuhkan bantuan pengobatan untuk masalah kesehatan yang diderita. Karena kesehatan termasuk salah satu masalah besar yang dihadapi oleh kaum miskin.

Berkaitan dengan pandemi yang disebabkan virus Corona yang melanda seluruh dunia, dan menyebabkan perekonomian rakyat menjadi terpuruk. Maka pemerintah memberikan bantuan sosial yang disalurkan secara bergilir kepada warga yang membutuhkan.

Kabar baiknya adalah banyak sekali keluarga yang sudah masuk Kelompok Keluarga Penerima Manfaat yang sudah terdaftar dan memiliki Kartu Indonesia Sehat juga akan mendapatkan bansos ini secara otomatis.

2.      Cara Cek Bantuan Kartu KIS Secara Online

Mungkin masih banyak peserta KIS yang awam dan tidak tahu kalau termasuk sebagai penerima bansos atau tidak. Padahal dapat dicek sendiri secara online melalui handphone ataupun laptop dan PC. Sehingga dapat mengetahui status penerima bansos.

Baca Juga :   Peluang Bisnis Ikan Laut Hasil Menggiurkan

Kalau anda sudah memiliki kartu KIS karena sudah terdaftar secara resmi, maka anda dapat memeriksanya dengan mengakses laman resmi Kemensos di internet. Tutorial yang dapat anda ikutti adalah sebagai berikut:

  • Pertama anda harus mengunjungi situs web resmi Kemensos di https://dtks.kemensos.go.id/
  • Setelah dapat masuk anda dapat langsung mencarinya dengan menggunakan menu Cek Penerima Bansos.
  • Pada kolom yang tersedia, tuliskan provinsi, kabupaten, kecamatan dan kelurahan sesuai domisili anda sekarang dan yang digunakan untuk mendaftar KIS.
  • Isikan nama penerima manfaat sesuai KTP yang masih berlaku dan digunakan untuk mendaftar KIS.
  • Ketika diminta mengetikkan 8 huruf kode captcha anda harus menuliskannya dengan benar agar dapat melangkah ke step berikutnya.
  • Setelah itu anda dapat mengetuk tombol cari data.
  • Setelah itu anda dapat menunggunya sebentar, sampai muncul status bantuan sosial kalau anda terdaftar sebagai penerima manfaat.
  • Namun status tersebut dapat muncul ketika anda memang terdaftar, kalau tidak terdaftar maka akan kembali ke menu sebelumnya.

Sangat mudah bukan  cara cek kartu kis dapat bantuan secara online. Selain lebih cepat juga tidak perlu ribet kesana kemari seperti saat mengecek secara offline.

Keuntungan dari mendapatkan kartu KIS ini selain mendapatkan bantuan sosial secara otomatis juga dapat menggunakannya di faskes pertama dimanapun. Baik di klinik kesehatan biasa, puskesmas, dokter umum maupun rumah sakit di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Cara Mendaftar Bantuan Prakerja 2022

Cara cek kartu kis dapat bantuan tersebut sangat membantu ketika anda ingin buru-buru melihat status anda menjadi penerima bansos atau bukan. Sehingga tidak ada salahnya kalau disimpan atau dibagikan kepada orang yang membutuhkan.