Berita  

Cara Daftar Prakerja Gelombang 19 Online Lewat HP Terbaru 2021

Cara Daftar Prakerja

Inforakyat.id – Pemerintah memang banyak sekali menciptakan beberapa program untuk membantu masyarakat indonesia. Terlebih, sejak munculnya pandemi covid-19 yang tidak berujung hingga saat ini, menjadikan pemerintah menciptakan program terbaru yang bertujuan agar perekonomian negara tetap stabil. Salah satu prorgam pemerintah yang secara khusus diciptakan untuk generasi muda adalah Kartu Prakeja.

Siapa yang tidak mengetahui kartu prakerja? Kartu prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk para pencari kerja, korban PHK, atau mereka yang membutuhkan pekerjaan dan peningkatan kompetensi. Para pekerja buruh atau para pelaku usaha mikro juga bisa mengikuti program tersebut. Kartu ini tidak bisa diberikan kepada pejabat negara, aparatur sipil negara, pimpinan atau anggota dewan lainnya.

Dibulan Juni 2021, pemerintah akhirnya membuka pendaftaran untuk seleksi gelombang 17 kartu prakerja. Kabar tersebut, mereka umumkan melalui akun resmi instagram mereka @prakerja.go.id pada sabtu 5 juni 2021 kemarin. Bagi kalian yang tengah menunggu program tersebut siapkan diri kalian dari sekarang dan cek langsung situs resmi prakerja melalui google. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang mendukung tumbuh kembangnya perekonomian indonesia. Namun, krisis pandemi covid-19 banyak melumpuhkan sluruh kegiatan sosial serta kegiatan ekonomi lainnya yang juga terkena dampak sangat parah. Sehingga Presiden Jokowi mengambil tindakan yang lebih bijak dan inisiatif.

Kartu ini dipromosikan oleh Jokowi pada masa kampanye pemilihan presiden tahun 2019 silam. Dengan kartu prakerja ini masyarakat bisa membuat program pelatihan dan pembinaan, dimana warga negara indonesia tersebut belum mempunyai keterampilan. Sehingga memudahkan masyarakat untuk memasuki dunia kerja. Selain untuk memberdayakan, kartu prakerja juga bisa menanggulangi kemiskinan dan sangat efektif untuk industri.

Baca Juga :   Kode Aktivasi FF Max 18 Oktober 2021 Masih Aktif, Buruan Sikat!

Manfaat Daftar Kartu Prakerja

Tujuan di ciptakannya program kartu prakerja yakni memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi masyarakat. Ada pun beberapa manfaat yang wajib kalian ketahui dibawah ini.

  • Membantu meringankan biaya ketika pelatihan yang ditangguh oleh pihak pekerja serta perusahaan
  • Dapat mengurangi biaya ketika mencari informasi tentang pelatihan
  • Mendorong keberkejaan pengguna melalui pengurangan mismatch
  • Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Ketika pemohon atau pendaftar berhasil menyelesaikan seleksi dan lulus. Maka bisa mendapatkan kartu prakerja secara langsung, dan bisa mengikuti banyak kursus secara online agar bisa meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja masyarakat. Kartu prakerja secara khusus dibuat untuk kaum muda yang baru menyelesaikan SMA/SMK atau perguruan tinggi dan akan diberi tunjangan untuk biaya pelatihan kerja dalam kurun waktu 6-12 bulan.

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2021

Para pengguna bisa melakukan pendaftaran melalui online, dibulan Juni ini pemerintah resmi membuka gelombang ke-17 yang wajib kalian ikuti. Terdapat beberapa syarat yang harus kalian lengkapi untuk bisa mendaftar kartu prakerja, syarat utama kalian harus menyiapkan email serta nomor ponsel yang aktif. Adapun syaratnya sebagai berikut.

  • Program ini dibiayai pemerintah, dan bisa di ikuti oleh masyarakat indonesia khususnya anak muda
  • Maksimal berusia 18 tahun keatas, dan tidak sedang sekolah/kuliah
  • Pelaku Usaha Mikro dan kecil
  • Korban PHK
  • Setelah pelatihan selesai, kalian bisa mendapatkan insentif yakni biaya perbulan sebesar Rp. 3.550.000 yang dibagi biaya pelatihan 1 juta rupiah, insentif pasca pelatihan 600 ribu perbulan selama 4 bulan, dan insentif survey keberkerjaan 150 ribu
  • Untuk lengkapnya silahkan kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/

Jika telah dirasa memenuhi syarat dan ketentuan seperti diatas, langkah selanjutnya adalah mendaftar kartu prakerja secara langsung. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bulan ini telah dibuka gelombang 17, maka kalian bisa langsung mengikuti seleksinya.

Baca Juga :   Cara Menggunakan TikTok Shop yang Anda Harus Tahu

Cara Daftar Prakerja Gelombang 17

Juni 2021 Kartu prakerja telah membuka seleksi untuk gelombnag ke 17. Bagi kalian yang menantikan program ini, sebaiknya pantau terus informasi terkait kartu prakerja dan jangan lewatkan begitu saja. Silahkan simak cara daftar prakerja yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, silahkan kunjungi www.prakerja.go.id melalui browser
  2. Kemudian siapkan kartu keluarga atau KK dan NIK, masukkan data diri, serta ikuti petunjuk dan panduan untuk menyelesaikan proses membuat akun
  3. Silahkan siapkan kertas dan alat tuls, agar bisa mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar
  4. Selanjutnya, tap Gabung pada gelombang yang dibuka
  5. Silahkan tunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang lewat SMS

Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa mengunjungi situs resmi kartu prakerja melalui google. Seleksi kartu prakerja gelombang 17 memiliki batas waktu sampai 7 juni 2021, dan membutuhkan kuota kurang lebih 44.000 orang. Maka dari itu, persiapkan diri kalian untuk mengikuti program selesi gelombang ke 17 tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan mengenai Cara Daftar Prakerja yang bisa kalian simak dan ikuti langkah-langkahnya diartikel ini. Pastikan jika kalian telah memenuhi syarat agar bisa mengikuti program pemerintah tersebut untuk bisa melatih kemampuan serta keterampilan yang kalian miliki. Semoga bermanfaat, terimakasih.