Ukuran Kartu Nama Sesuai Dengan Standar

Ukuran Kartu Nama

Selama ini, kartu nama dikenal menjadi salah satu kartu yang penting dalam sebuah bisnis. Bahkan tak hanya pengenal saja, melainkan untuk memperlihatkan semua identtas. Namun yang harus kalian tahu adalah bahwa ukuran kartu nama berbeda-beda.

Seperti diketahui, kartu nama sendiri merupakan hal yang tak asing bagi manusia. Sebab, kartu tersebut sangat sering dijumpai dalam kehidupan. Kemudian kartu nama sendiri mempunyai ukuran yang beragam, semuanya tak bisa disamakan.

Perbedaan dari ukuran sebuah kartu nama disesuaikan dengan standar dari masing-masing negara. Biasanya, ukuran tersebut sudah pakem dan tak bisa diubah. Lalu di Indonesia sendiri ternyata kartu nama sudah mempunyai ukuran yan telah distandarisasi oleh SNI. Sehingga, ukuran tersebut berlaku di Indonesia secara resmi.

Nah, pastinya kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kartu nama tersebut. Maka dari itu, simak ulasan lebih detailnya di bawah ini. Berikut diantaranya :

Fungsi serta Manfaat Kartu Nama

Ketika kamu mempunyai kartu nama, pastinya kartu tersebut memiliki fungsi tersendiri. Beberapa fungsi tersebut kemungkinan besar sudah kamu ketahui, berikut diantaranya :

  • Profil Diri
  • Personal Branding
  • Informasi Perusahaan
  • Bukti Profesionalitas

Macam Macam Ukuran Kartu Nama di Setiap Negara di Dunia

Memang ukuran kartu nama sudah pakem, namun semuanya berbeda-beda sesuai dengan standar dari jenis kartu nama. Kemudian di Indonesia, kamu bisa membuat kartu nama sesuai dengan standar yang ada, seperti ISO atau SNI. Di bawah ini merupakan sejumlah ukuran standar kartu nama di sejumlah negara, diantaranya adalah :

  • Indonesia
Baca Juga :   5 Cara Setting TV Indihome Gampang STV TV & UseTV

Ukuran pada kartu nama di Indonesia harus mengikuti SNI yang sudah tercatum. Kemudan ukuran kartu tersebut adalah 90 x 55 mm atau 9 x 5,5 cm. Bahkan terdapat beberapa negara yang mempunyai ukuran standar sama dengan milik Indonesia. Diantaranya seperti New Zealand, Taiwan, India, Australia, Denmark, Norwegia, Kolombia, Vietman, dan Swedia.

  • Jepang

Hampir sama dengan di Indonesia, standar ukuran di Jepang berbeda sekitar 1 mm saja. Jika di Indonesia 9 x 5,5 cm, maka di jepang 9,1 x 5,5 cm atau 91 x 55 mm. Kamu bisa membedakan ukuran keduannya setelah dicetak. Maka, akan sangat terlihat mencolok perbedaan keduannya.

  • Amerika

Beda halnya dengan Jepang dan Indonesia, ukuran di Amerika lebih kecil 1 mm. Sehingga ukuran di Amerika adalah 89 mm x 51 mm atau 8,9 cm x 5,1 cm atau pada ukuran inci 3,5 x 2 inci. Ukuran tersebut tak hanya berlaku di Amerika, melainkan juga di beberapa negara lainnya. Diantaranya seperti Kanada, Mexico, Finlandia, Rusia, Sri Lanka, Bulgaria, Belanda, dan Korea Selatan.

  • Hungaria

Kemudian ukuran di Hungaria juga berbeda. Standar ukuran kartu nama di Hungaria adalah 90 x 50 mm atau 9 x 5 cm. Ada yang mengatakan bahwa ukuran tersebut mirip dengan standar milik Republik Ceko. Namun ada sumber lain mengatakan bahwa ukuran di Ceko sama dengan ukuran di Amerika Serikat.

  • China

Meski bernotabene tetangga dengan Jepang dan Korea Selatan, namun kartu nama di China mempunyai standar yang berbeda. China mempunyai ukuran standar pada kartu nama, yakni 90 x 54 mm atau 9 x 5,4 cm. Standar ukuran di China juga digunakan di sejumlah negara seperti di Hongkong, Malaysia, dan Singapura.

  • Eropa

Standar ukuran pada kartu nama di Eropa adalah 85 x 55 mm atau 8,5 x 5,5 cm. Ukuran tersebut sama dengan ukuran kartu kredit. Kemudian ciri khas kartu nama di Eropa adalah pada bagian sudutnya berbentuk melingkar. Standar ukuran ini digunakan di beberapa negara Eropa seperti Inggris, Turki, Swiss, Spanyol, Belgia, Italia, Portugal, dan negara lainnya yang ada di Eropa.

  • Asia
Baca Juga :   Download x8 Speeder Higgs Domino 2021 Tanpa Iklan

Standar ukuran di Asia ternyata lebih lebih lebar dibandingkan dengan di Indonesia. Standar ukuuran di Asia adalah 90 x 54 mm atau 9 x 5,4 cm. Bisa dikatakan bahwa ukuran kartu di Asia lebih panjang dibanding dengan ukuran benua yang lain.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Koin Banyak Di Snack Video Dengan Mudah Dan Cepat

  • ISO

Pada dasarnya, masing-masing negara mempunyai standar ukuran. Namun ternyata terdapat standar ukuran internasional yang bisa digunakan. Ukuran standar ISO tersebut adalah 74 x 52 mm atau 7,4 x 5,2 cm.

Jenis Kertas untuk Kartu Nama

Kemudian untuk menggunakan kartu nama, kamu harus mengetahui jenis kerta yang digunakan. Sebab jenis kartu bisa memberikan dampak yang besar pada keawetan kartu nama. Berikut sejumlah jenis kertas yang harus kamu ketahui :

  • Brief Card
  • Glossy Photo Paper
  • Kertas Standard
  • Translucent

Akhir Kata

Nah, kurang lebih seperti itu mengenai fungsi, jenis, hingga ukuran kartu nama. Dengan demikian, kamu bisa mempertimbangkan ketika ingin membuat sebuah kartu nama. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.