Tanaman Hias Paling Laris di Pasar Dalam dan Luar Negeri

Tanaman Hias Paling Laris di Pasar Dalam dan Luar Negeri
Tanaman Hias Paling Laris di Pasar Dalam dan Luar Negeri

Tanaman Hias Paling Laris – Saat ini hobi berkebun dan mengoleksi tanaman hias sangat digemari. Akibat pandemi yang mengharuskan masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah, membuat kegiatan menanam dan mengoleksi tanaman hias semakin menarik. Dari animo yang besar terhadap tanaman hias, hal ini kemudian melahirkan beberapa varietas tanaman persilangan baru.

Tanaman Hias Paling Laris di Pasar Dalam dan Luar Negeri

Menurut Noldy Typhoon, salah satu penggiat tanaman menyatakan bahwa spesies Aroid dari famili Araceae merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak diburu.

“Aroid merupakan tumbuhan famili Araceae, yang didalamnya terdapat Philodendron, Monstera, Syngonium, Anthurium, Alocasia,” kata Noldy.

Begitu besarnya penggemar Aroid membuat para kolektor tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias Aroid dari famili Araceae yang banyak diminati dan diburu pembeli.

Aroid dari Keluarga Araceae

  1. Monstera Obliqua Peru

Monstera Obliqua Peru
Monstera Obliqua Peru

Jenis tanaman hias Aroid yang pertama dari famili Araceae adalah Monstera Obliqua Peru. Tanaman hias monstera ini memang sangat berharga karena harga jual per daunnya mencapai puluhan juta rupiah. Mahalnya Monstera Obliqua Peru ini karena langka atau terbatas jumlahnya.

“Peruvian obliqua di luar Indonesia masih sangat langka dan langka. Saya bisa mengklaim paling banyak hanya di sini,” kata Noldy.

Monstera Obliqua Peru menarik karena memiliki bentuk daun yang unik dan berbeda dengan monstera lainnya.

“Peru Obliqua masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2017 lalu, saya membawa satu pohon dari Thailand dan kemudian diperbanyak. Saat ini kebanyakan ada di Indonesia, saya sering menyuplai obiqua Peru dan mengekspornya ke luar negeri,” jelas Noldy.

  1. Monstera White Mint

Monstera White Mint
Monstera White Mint

Masih dari keluarga monstera, kita juga bisa menemukan tanaman hias seharga ratusan juta rupiah per daunnya. Monstera White Mint memang menarik dan berbeda dari yang lain. Hal ini dikarenakan Monstera White Mint merupakan hasil mutasi ganda dan telah beraneka ragam. Dari sinilah kemudian banyak kolektor tanaman hias yang memburunya.

Baca Juga :   Mengenal Cara Kerja Bisnis Jastip
  1. Alocasia Jacklyn

Alocasia Jacklyn
Alocasia Jacklyn

Berikutnya, tanaman hias yang paling laris di pasar dalam dan luar negeri adalah Alocasia. Tanaman ini memiliki banyak varietas, salah satunya adalah Alocasia Jacklyn. Meski memiliki banyak varietas, Alocasia memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Bagi Alocasia Jacklyn, ini adalah tanaman hias asli Indonesia yang ditemukan di Sulawesi. Karena ditemukan oleh seseorang bernama Jacklyn, maka muncullah nama Alocasia Jacklyn.

“Alocasia jenis baru ini ditemukan oleh seseorang bernama Jacklyn, tanamannya sendiri sangat bagus dari segi bentuk, karakter dan banyak diburu oleh orang luar,” kata Noldy.

  1. Anthurium

Tanaman Hias Paling Laris Anthurium Kuping Gajah
Tanaman Hias Paling Laris Anthurium Kuping Gajah

Anthurium juga merupakan jenis tanaman hias yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Namun, perlu dicatat bahwa hanya Anthurium dari spesies langka yang paling diminati pasar. Oleh karena itu, Noldy sering menyilangkan Anthurium klasik untuk menghasilkan keturunan baru yang langka. Beberapa Anthurium yang kini menjadi koleksi Noldy antara lain corong, kuping gajah dan lain-lain.

“Yang lama sudah ada, saya silangkan lagi jadi hybrid atau baru buatan saya dan sudah saya kirim ke Thailand juga, mereka sangat antusias,” kata Noldy.

  1. Philodendron

Philodendron
Philodendron

Terakhir, tanaman hias terlaris di dalam dan luar negeri adalah Philodendron. Tanaman yang satu ini tergolong elit karena banderolnya yang sangat mahal. Meski harganya mahal, banyak pemburu tanaman hias yang mencarinya. Selain memiliki karakter yang menarik, Philodendron ini disukai karena pertumbuhannya yang cukup cepat dan perawatan yang terbilang mudah.