Tidak dapat disangkal bahwa media sosial merupakan salah satu media pemasaran yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan bisnis. Akan tetapi banyaknya penjual online juga meningkatkan persaingan sehingga para pelaku bisnis perlu mengetahui Strategi Pemasaran Media Sosial agar produknya laris manis..
Di era digital ini orang sering mencari produk di media sosial dan terbiasa dengan belanja online. Melakukan pemasaran online adalah salah satu norma untuk meningkatkan penjualan sebab jangkauannya yang luas.
Besarnya peluang ini terus membuat strategi pemasaran digital muncul. Berikut ini cara untuk menjual produk kamu setelah memasarkannya di media sosial.
Target Pasar Harus Ditentukan
Pengguna media sosial terdiri dari kelompok yang berbeda dan tidak semua orang menyukai setiap produk. Oleh sebab itu perlu untuk menentukan target pasar yang spesifik untuk bisnis kamu sehingga kamu dapat lebih mudah menentukan strategi dan konsep pemasaran kamu.
Contoh konsep pemasaran perawatan kulit untuk wanita berbeda dengan pemasaran barang olahraga untuk pria. Atau contoh konsep pasar sasaran untuk remaja berbeda dengan konsep pemasaran untuk orang dewasa. Setelah kamu memiliki target spesifik untuk pasar bisnis kamu hal-hal akan menjadi jauh lebih mudah ke depan.
Perluas Konten Visual
Menggunakan konten visual untuk pemasaran di media sosial sangat efektif. Terutama efektif seperti Instagram yang menekankan aspek visual. Konten visual efektif dalam menarik perhatian konsumen tidak hanya di Instagram tetapi sebab informasi visual mudah dikenali dan diingat.
Kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui konten visual seperti apa yang disukai pengguna media sosial kamu terutama target pasar. Mulailah dengan konten kombinasi warna dan resolusi untuk memastikan konten visual yang kamu gunakan dalam pemasaran kamu berkualitas tinggi.
Di sinilah orang semakin bersaing untuk menunjukkan kepada kamu konten visual terbaik akan mengalami kesulitan.
Penyajian konten visual ini seperti halnya makanan sangat penting tidak hanya untuk rasa tetapi juga untuk penampilan. Lihat dengan mata sebelum merasakan dengan lidah. Rasanya enak tetapi saat terlihat kotor orang ragu untuk memakannya.
Streaming Langsung
Kamu pernah melihat streaming langsung pedagang yang mempromosikan di Facebook / TikTok / aplikasi media sosial lainnya. Melihat komentar di siaran langsung banyak orang yang memesan saat itu. Konten live streaming seperti itu untuk pemasaran di media sosial sangat efektif dalam menarik minat.
Dimana konsumen ditargetkan untuk membeli produk yang ditawarkan. Beberapa pasar juga menawarkan fungsionalitas langsung dengan banyak toko mulai dari UMKM. Sehingga merek besar melakukan streaming langsung untuk mempromosikan produk mereka.
Live streaming biasanya dilakukan selama promosi dan peluncuran produk baru. Salah satu alasan konsumen menyukai live streaming adalah sebab mereka dapat melihat produk dalam bentuk nyata dan mendapatkan deskripsi yang lebih jelas. Pertanyaan mereka juga cenderung cepat terselesaikan.
Selanjutnya —> Interaksi Konsumen