SIMAK..!!! Apa itu Kompensasi, Jenis, Tujuan Dan Kebijakannya dalam Bisnis

Apa itu Kompensasi
Apa itu Kompensasi

Apa itu Kompensasi – Kompensasi ialah semua imbalan yang diterima oleh seorang pekerja atas jasa atau hasil kerjanya pada suatu organisasi/ perusahaan. Imbalan itu dapat berupa uang ataupun barang, baik langsung ataupun tidak langsung, yang diserahkan oleh suatu organisasi atas hasil kerja/ jasa pekerja pada organisasi/ perusahaan.

Kompensasi dalam format uang, dengan kata lain pekerja tersebut diberi sejumlah uang kartal atas pekerjaannya. Sedangkan kompensasi dalam format barang, dengan kata lain pekerja tersebut dibayar dengan barang tertentu atas jasanya.

Istilah kompensasi sangat bersangkutan dengan imbalan-imbalan keuangan (financial reward) yang diserahkan kepada seseorang atas dasar hubungan kerja. Biasanya kompensasi diserahkan dalam format finansial (uang) karena pengeluaran moneter yang dilaksanakan oleh suatu organisasi.

Pemberian kompensasi yang baik untuk pekerja/ karyawan bisa memberikan dampak positif pada suatu organisasi, diantaranya:

  1. Memacu karyawan dalam berprestasi dan bekerja lebih giat
  2. Perusahaan mendapat pekerja yang berkualitas
  3. Memudahkan proses administrasi dan aspek hukum
  4. Menjadi daya pikat untuk pencari kerja yang berkualitas
  5. Perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dibanding kompetitor

Apa itu Kompensasi dan Kebijakannya dalam Bisnis

Dalam suatu bisnis atau perusahaan, kompensasi ditafsirkan sebagai bentuk pendapatan berupa dana yang secara langsung diserahkan kepada karyawan atau anggota bisnis sebagai imbalan atas jasa yang sudah diserahkan terhadap perusahaan.

Kompensasi tidak jarang dikaitkan dengan gaji, tetapi tidak seluruh jenis kompensasi dapat dibilang sebagai gaji. Ada sejumlah terminologi kompensasi dalam suatu bisnis atau perusahaan yaitu:

  1. Apa itu Kompensasi Upah atau gaji

Upah/gaji adalah bayaran yang diterima karyawan dari perusahaannya. Upah/gaji bersangkutan dengan tarif per jam, jadi semakin lama bekerjanya dalam hitungan jam, maka upah juga akan semakin besar atau biasa dinamakan uang lembur diluar jam kerja.

Baca Juga :   Sinopsis Ikatan Cinta Malam Ini 15 Agustus 2021, Semakin Seru
  1. Insentif

Perusahaan seringkali memberikan gaji insentif sebagai bentuk upah diluar gaji pokok. Umumnya diserahkan saat perusahaan mendapatkan deviden lebih atau sebab adanya upaya pemangkasan anggaran lain.

  1. Tunjangan

Biasanya dinamakan benefit yang umumnya diserahkan kepada karyawan perusahaan dalam bentuk asuransi jiwa dan kesehatan, program pensiun atau lainnya.

  1. Fasilitas

Fasilitas perusahaan pun dapat disebut sebagai bentuk kompensasi yang berupa kesenangan dan kenyamanan untuk karyawannya, layaknya mobil, tempat gym di kantor, lokasi parkir khusus karyawan tertentu dan lainnya.

Apa itu Kompensasi (Jenis-Jenis Kompensasi)

Selanjutnya, kompensasi menurut jenisnya dapat dipisahkan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Kompensasi keuangan langsung, yakni gaji atau upah yang dibayarkan atas kewajiban atau pokok, contohnya bayaran pokok, bayaran intensif berupa bonus dan komisi.
  2. Kompensasi keuangan tak langsung, yakni kompensasi dalam bentuk bayaran diluar kewajiban. Perusahaan berhak menyerahkan atau tidak menyerahkan kompensasi ekstra ini untuk karyawannya kecuali seandainya memang diperlukan seperti cuti kehamilan.
  3. Kompensasi non financial, yakni kompensasi yang diserahkan hanya kepada anggota yang dapat menyelesaikan kegiatan tantangan dan dapat mencapai target perusahaan dengan inovatif.

Tujuan Memberikan Kompensasi

Berikut berbagai tujuan diberikannya kompensasi karyawan:

  1. Bentuk penghargaan untuk karyawan
  2. Sebagai jaminan keadilan gaji karyawan
  3. Sebagai upaya untuk menjaga karyawan dan meminimalisir turnover
  4. Untuk menemukan karyawan yang berkualitas
  5. Upaya dalam pengendalian biaya
  6. Untuk mengisi peraturan-peraturan perusahaan

Baca Juga : Cara Bagi Hasil Usaha Patungan Untuk Pemodal Ataupun Pemilik Usaha

Itulah pembahasan mengenai Apa itu Kompensasi, Jenis, Tujuan Dan Kebijakannya dalam Bisnis yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat bagi Anda ya