Phising Hack, Lakukan Ini Jika Terlanjur Masuk Email Atau Aplikasi Phising

Phising Hack
Phising Hack

Inforakyat.id – Belakangan ini cukup banyak terjadi aktivitas phising hack oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mulai dari link phising, email phising sampai dengan aplikasi phising banyak disebarluaskan untuk mengelabui orang agar tertipu dan menginformasikan data diri pribadi korban.

Jadi bagi Anda yang mendapatkan email phising atau menemukan aplikasi tak wajar yang terindikasi phising harus berhati-hati. Namun jika Anda sudah terlanjur masuk ke dalam aplikasi atau email phising, apa yang harus dilakukan?

Cara Mengatasi Phising Hack Jika Sudah Terlanjur Masuk Aplikasi Atau Email Phising

Ada banyak media yang seringkali dipakai atau dimanfaatkan untuk menjebak para korban. Beberapa media yang seringkali menjadi langganan karena memang cukup mudah disalahgunakan adalah email phising atau aplikasi phising.

Email dan aplikasi tersebut dibuat menyerupai suatu email dan aplikasi terkenal yang tujuannya adalah mengelabui calon korban. Beberapa pihak juga menyebarkan email dan aplikasi dengan dalih memberikan reward, hadiah, bonus, giveaway, uang tunai dan sebagainya.

Email dan aplikasi yang menyebarluaskan hal – hal semacam itu belakangan ini cukup banyak memakan korban. Jika Anda termasuk salah satu korban phising hack baik yang terlanjur masuk email phising atau aplikasi phising, ada beberapa cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Seperti apa?

Cara mengatasi phising hack jika sudah terlanjur masuk link atau email phising sebagai berikut :

  • Pertama hapus cache dan semua data pada link yang sudah Anda masuki tadi
  • Hapus cache pada browser Anda juga (browser yang Anda gunakan masuk link atau email phising)
  • Logout dari akun gmail Anda jika sebelumnya Anda masuk pada akun gmail
  • Ganti password akun gmail dengan password yang belum pernah dipakai
  • Aktifkan autentifikasi dua faktor pada gmail agar jika ada orang tak dikenal mengakses email Anda bisa mencegahnya dengan memblokir akses secara langsung
  • Lebih berhati – hatilah setelahnya
Baca Juga :   Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel Termurah Dari Harian Hingga Bulanan

 

Selanjutnya —> Selain cara di atas