Penipuan Online di Indonesia yang Wajib Diwaspadai

Penipuan Online di Indonesia yang Wajib Diwaspadai
Penipuan Online di Indonesia yang Wajib Diwaspadai

Inforakyat.id – Kemajuan dunia digital memberikan dampak positif dan dampak negatif sekaligus bagi masyarakat. Dampak positif dari adanya digitalisasi membuat manusia menjadi mudah dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun dampak negatifnya banyak terjadi penipuan online di Indonesia.

Sudah hampir banyak masyarakat di Indonesia yang terkena dampak dari penipuan online ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membahas terkait informasi penipuan yang tetap bisa Anda waspadai. Simak ulasannya ya!

Penipuan Online di Indonesia yang Wajib Diwaspadai

Di era digital sebagaimana saat ini telah banyak kejahatan cyber yang bertebaran. Bahkan hampir separuh dari para pengguna internet mengalami ancaman dan yang paling disoroti adalah dari segi keuangan seperti menerima surel yang mencurigakan yang mana surel mengaku dari bank, situs ritel bahkan hingga meminta data – data keuangan.

Oleh karenanya modus – modus seperti saat ini harus menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat. Ada beberapa modus penipuan yang biasa muncul dan menyerang para pengguna internet. Adapun modus penipuan online di Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Phising

Phising merupakan kejahatan yang dilakukan oleh para siber dan telah banyak ditemui di tengah – tengah masyarakat Indonesia. Kejahatan yang bernamakan phising ini dilakukan oleh oknum dengan cara menghubungi calon korban baik itu melalui email, telepon atau pesan teks.

Biasanya pelaku phising mengaku bahwa pesan yang dikirimkan dari lembaga resmi. Tak hanya menjalankan aksinya melalui email atau situs web saja, pelaku phising juga menjalankan aksinya melalui pesan suara, SMS atau smishing dan beberapa teknik lainnya. Hal tersebut akan terus – menerus dilakukan dan mengalami pembaharuan dalam setiap aksinya.

Baca Juga :   Begini 3 Cara Mengajukan Jaringan Baru Indihome agar Lolos

Pada umumnya, para pelaku phishing akan menanyakan beberapa data yang penting seperti identitas pribadi, detail perbankan, kartu kredit dan kata sandi akun Anda. Dari beberapa informasi yang telah di dapatkan pelaku akan digunakan untuk mengakses akun penting.

Dengan demikian pelaku akan melakukan pencurian identitas bahkan hingga pencurian keuangan.

 

Pharming