Ternak Lobster Air Tawar, Peluang Usaha Yang Menggoda

Peluang Usaha Ternak Lobster Air Tawar
Peluang Usaha Ternak Lobster Air Tawar

Ternak Lobster Air Tawar – Lobster air tawar atau sering juga disingkat sebagai LAT merupakan salah satu crustacea / krustasea yang memiliki bentuk seperti udang atau lobster yang mana sesuai dengan namanya, hewan ini hidup di air tawar. Lobster yang juga di luar negeri dikenal dengan nama crawfish ini dibedakan menjadi tiga jenis yakni Astacidae, Cambaridae, dan Parastacidae. Lobster air tawar termasuk salah satu jenis hewan air yang sangat sensitif terhadap kualitas air sehingga hanya hidup di lingkungan dengan air yang bersih.

Belakangan ini lobster air tawar banyak dibudidayakan dalam skala akuarium maupun skala kolam untuk dijadikan sebagai komoditi ikan hias dan ikan konsumsi. Sebagai ikan konsumsi, lobster air tawar memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan lobster air laut di antaranya adalah baunya yang tidak amis dan lebih aman untuk dikonsumsi karena kadar kolesterolnya yang rendah. Hal ini membuat lobster air tawar semakin banyak diminati orang, berikut ini akan kami bahas mengenai peluang usaha ternak lobster air tawar.

Ternak Lobster Air Tawar, Peluang Usaha Dengan Keuntungan Yang Menggoda

  1. Persiapan kolam

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan kolam yang akan dipakai untuk ternak lobster air tawar, ukuran kolam yang bisa Anda persiapkan adalah 1,5 x 2 meter dengan memakai semen, untuk kedalaman kolamnya cukup dibuat sedalam 50 cm saja karena lobster air tawar hidup di dasar kolam, selain itu And juga perlu menyiapkan shelter atau tempat persembunyian bagi lobster air tawar.

Baca Juga :   Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard
  1. Kualitas Air

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan kualitas air yang akan Anda gunakan untuk budidaya lobster air tawar karena lobster air tawar sangat sensitif terhadap kualitas air, jika kualitas air yang Anda gunakan untuk melakukan budidaya memiliki kualitas yang buruk maka akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari lobster air tawar.

  1. Pembenihan

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan untuk melakukan budidaya lobster air tawar adalah dengan melakukan pembenihan, proees pembenihan ini harus Anda lakukan dengan teliti karena akn sangat berpengaruh terhadap usaha Anda nantinya. Anda harus mengetahui yang mana lobster air tawar jantan dan mana yang betina, tandanya adalah lobster jantan memiliki capit yang ujungnya berwarna merah.

  1. Pemijahan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam melakukan usaha budidaya lobster air tawar adalah dengan meolakukan pemijahan. Pemijahan lobster air tawar dilakukan setelah Anda menemukan indukan yang sesuai kemudian perkawinan akan terjadi secara alami, setelah kurang lebih dua minggu maka Anda harus memindahkan lobster betina pada kolam yang sudah disediakan sebelumnya.

  1. Penetasan

Tahap kelima dalam budidaya lobster air tawar adalah tahap penetasan telur yang mana ketika usia anakan lobster sudah mencapai 4 minggu maka tubuh dari anakan tersebut sudah mulai berwarna sehingga akam mulai memisahkan diri dari induknya, namun ada sebagian anakan lobster yang tidak mau memisahkan diri sehingga harus Anda bantu untuk dilepas karena jika tidak maka akan dimangsa oleh induknya.

Baca Juga : Peluang Bisnis Ikan Laut

Demikianlah beberapa cara yang bisa kami ulas mengenai beternak lobster air tawar yang prospek ke depannya masih sangat terbuka lebar karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga :   UMKM di Masa Pandemi, Bagaimana Cara Bertahan?