Menikmati Bangunan Sejarah di Kerta Gosa, Klungkung, Bali

Menikmati Bangunan Sejarah di Kerta Gosa, Klungkung, Bali
Menikmati Bangunan Sejarah di Kerta Gosa, Klungkung, Bali

Menikmati Bangunan Sejarah di Kerta Gosa, Klungkung, Bali – Kerta Gosa merupakan bangunan sejarah di pulau Bali yang menjadi obyek wisata. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke tempat wisata ini. Salah satu hal yang bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke Kerta Gosa adalah melihat sejarah dari bangunan ini di beberapa waktu silam.

Sejarah Kerta Gosa

Kerta Gosa merupakan salah satu bangunan yang menjadi bagian kerjaan Klungkung. Bangunan ini dibangun pada tahun 1686 oleh Ida I Dewa Agung Jambe. Ida I Dewa Agung Jambe adalah pemegang kekuasaan pertama dan pada jaman itu, bangunan Kerta Gosa merupakan bangunan yang dijadikan tempat untuk berdiskusi mengenai berbagai macam hal seperti situasi keamanan, kemakmuran, dan juga keadilan di wilayah Bali. Oleh sebab itu, Kerta Gosa juga sangat terkenal dengan sebutan bangunan pengadilan jaman dahulu.

Lokasi

Kerta Gosa, Klungkung, Bali merupakan objek wisata sejarah yang terletak di bagian timur kota Denpasar. Kurang lebih jarak antara Denpasar dengan objek wisata Kerta Gosa ini kurang lebih sekitar 40 kilometer. Anda bisa melewati jalan by pass professor Dr Ida Bagus Mantra untuk berkunjung ke lokasi objek wisata Kerta Gosa ini. Untuk lebih mudahnya, lokasi objek wisata Kerta Gosa ini berada tepat di depan kantor Bupati Klungkung.

Google Map : https://goo.gl/maps/puMXqKwUYdiAk4Gp7

Bangunan Kuno

Ketika Anda memasuki wilayah Kerta Gosa ini, anda akan melihat dua bangunan kuno yang masih berdiri kokoh. Kedua bangunan tersebut adalah Kerta Gosa. Kerta Gosa memang terdiri dari dua macam bangunan. Bangunan pertama disebut dengan Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Bangunan Bale Kambang adalah bangunan yang dikelilingi oleh kolam. Kolam tersebut bernama kolam Gili.

Baca Juga :   Cara Pinjam Pulsa Telkomsel yang Mudah Terbaru

Lukisan

Jika Anda masuk dan melihat secara detail, Anda akan menemukan begitu banyak lukisan di langit-langit setiap bangunan tersebut. Lukisan yang berada di langit-langit setiap bangunan yang berbentuk wayang merupakan gambaran dari kasus-kasus yang pernah disidangkan di bangunan tersebut. Selain kasus-kasus yang pernah disidangkan, lukisan-lukisan wayang tersebut juga merupakan media yang digunakan untuk menggambarkan berbagai macam jenis hukuman yang digunakan di masa lalu.

Lukisan Wayang di Kerta Gosa
Lukisan Wayang di Kerta Gosa (gambar : kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Lukisan wayang yang berada di langit-langit bangunan Kerta Gosa bukan hanya menggambarkan mengenai kasus apa saja yang pernah disidangkan dan juga berbagai macam jenis hukuman saja, namun lukisan tersebut juga menceritakan mengenai karma baik buruk yang akan didapatkan manusia dari perbuatannya. Di dalam lukisan tersebut juga diceritakan mengenai penjelmaan manusia kembali ke dalam dunia untuk menebus berbagai macam dosa yang pernah dilakukannya.

Museum

Jika Anda sudah puas berkeliling di dalam kedua bangunan Kerta Gosa, Anda bisa melanjutkan berkunjung ke dalam museum yang selalu menyedot banyak pengunjung setiap harinya. Tempat ini menyimpan aneka jenis barang bersejarah peninggalan dari kerajaan Klungkung dan juga berbagai macam benda-benda yang digunakan pengadilan adat Bali jaman dahulu.

Baca Juga : Lereng Kelir, Tempat Wisata Baru di Semarang

Demikianlah tadi informasi seputar Kerta Gosa, Klungkung, Bali. Jika anda berkunjung ke Bali jangan lupa singgah ditempat ini menikmati keindahan eksotis aneka bangunan bersejarah yang ada. Happy holiday!!