Mengenal Apa itu Uang Kripto atau Cryptocurrency

Apa itu Mata Uang Kripto
Apa itu Mata Uang Kripto

Halo siapa di sini yang masih suka pikir cryptocurrency (Mata Uang Kripto) itu Bitcoin? dan kalau bukan Bitcoin namanya bukan crypto, pemahaman ini mirip-mirip sama orang yang bilang kalau Blockchain itu Bitcoin yang sebenarnya salah, persoalan Crypto dan Bitcoin juga masih suka bikin orang salah pemahaman

Apa itu Mata Uang Kripto atau Cryptocurrency

Kali ini admin akan meluruskan seputar Bitcoin dan cryptocurrency yang kadang masih suka bikin kita bingung,  Oke Guys langsung aja nih admin jelasin ya Apa sih cryptocurrency  itu,  jadi cryptocurrency atau yang sering disebut crypto itu sebagai sebuah mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar dalam jaringan internet.

Nah cryptocurrency ini menggunakan sistem yang disebut Cryptography atau Kriptografi makanya kenapa namanya crypto,  teknologi kriptografi ini digunakan untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi,  cryptocurrency  ini dibilang aman karena menggunakan teknologi Blockchain dibaliknya, yang notabene sulit diretas.

Contoh Uang Kripto

Salah satu cryptocurrency atau uang kripto yang populer itu adalah Bitcoin.  Sebenarnya masih banyak banget cryptocurrency lainnya selain Bitcoin ya.  Jadi Bitcoin sudah pasti cryptocurrency  tapi cryptocurrency tidak hanya Bitcoin saja, ada yang lainnya,  jadi habis ini jangan sampai salah kaprah lagi ya.

Sejarah Cryptocurrency atau Mata Uang Kripto

Cryptocurrency mulai bergema di tahun 2009 waktu itu Satoshi Nakamoto menciptakan Bitcoin dan memperkenalkannya, tapi ternyata enggak banyak orang tahu bahwa perkembangan Cryptocurrency  itu sudah mulai dari tahun 90-an, saat itu ada yang namanya sistem teknologi Flooz, Beenz dan juga Digicash muncul di pasar tapi sayangnya gagal.

Baca Juga :   6 Cara Jualan Di Twitter Agar Laku Dengan Cepat

Ada banyak alasan berbeda atas kegagalan mereka seperti penipuan,  masalah keuangan atau bahkan gesekan antara tim perusahaan dan lain sebagainya. Salah satu yang membuat Cryptocurrency di tahun 90-an ini gagal adalah karena sistem itu masih menggunakan pihak ketiga yang memverifikasi dan memfasilitasi transaksi .

Jadi karena kegagalan perusahaan-perusahaan pihak ketiga tersebut maka penciptaan sistem uang digitally masih memakan waktu yang lebih lama. Nah akhirnya di tahun 2009 Satoshi Nakamoto menciptakan aset Crypto yakni Bitcoin.

Hingga kini identitas Satoshi Nakamoto nih masih kita belum tahu, banyak yang bilang dia adalah seseorang programmer anonym,  ada juga yang bilang Satoshi Nakamoto itu sebenarnya sekelompok programmer.

Bitcoin sendiri digambarkan Satoshi sebagai sistem uang elektronik peer to peer,  jadi langsung orang ke orang tanpa pihak penengah.  Bitcoin bersifat terdesentralisasi artinya tidak ada server yang terlibat dan tidak ada otoritas pengendali pusat, beda seperti bank-bank sekarang yang ada pengendali pusatnya.

Konsep tersebut masih sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer untuk berbagi file atau dokumen. Dari suksesnya Bitcoin inilah akhirnya crypto semakin berkembang dan muncul aset-aset crypto lainnya, misalnya aja yang sering didengar ada Ethereum, Litecoin dan juga Stellar, serta mata uang crypto lainnya diseluruh idustri.