Mending beli Samsung A52s 5G atau Samsung S20 FE Snapdragon?

Samsung A52s 5G vs Samsung S20 FE Snapdragon
Samsung A52s 5G vs Samsung S20 FE Snapdragon

Samsung A52s 5G vs Samsung S20 FE Snapdragon – Jadi, kapan hari ‘kan, saya pernah ditanya sama temen kantor yang waktu itu tuh rencananya pengen beli smartphone baru. Dia nanya…, “Kalo punya duit Rp 6 jutaan, cakepnya ngambil smartphone Samsung apa sih?” Nggak pake pikir panjang waktu itu saya coba langsung rekomendasiin Samsung S20 FE Snapdragon. Secara ini smartphone ‘kan harganya tuh udah makin anjlok, Pak. Dari yang awalnya Rp 9 juta kembali seribu sekarang jadi cuma Rp 7 juta kembali seribu. Di harga segini sih, S20 FE Snapdragon ini menurut saya sih punya fitur yang cukup mewah kayak performa yang kencang, trus, fitur-fitur kameranya yang cukup komplit lah di kelasnya.

Tapi kalo pertanyaannya tadi tuh ditanyanya sekarang ini pilihannya jadi lebih galau ya apalagi sejak Samsung tuh ngeluarin A52s 5G di harga yang mirip-mirip di Rp 6 jutaan. Ini secara tongkrongan emang mirip A52 tapi kalo udah ngeliat “dalemannya” ini lebih “nge-gas”, Pak! Trus yang nggak kalah menarik, smartphone ini juga punya kemampuan untuk bisa pake jaringan 5G suatu fitur yang nggak ada di S20 FE Snapdragon. Trus, waktu itu banyak yang penasaran pengen coba ngebandingin antara A52 5G dengan S20 FE Snapdragon. Kira-kira, kalo ada duit Rp 6 jutaan, mendingan pilih yang mana ya?

Samsung A52s 5G vs Samsung S20 FE Snapdragon

Ya, kalo ngeliat harga di situs resminya Samsung kedua smartphone ini tuh selisih sekitar Rp 500 ribu yah. A52s 5G ini dibanderol dengan harga Rp 6,499,000. Sementara S20 FE Snapdragon, itu harganya mulai dari Rp 6,999,000 untuk varian yang paliing kecil di 128GB. Nah, kalo pengen lebih hemat lagi, setiap transaksi online kayak gini tuh biasanya saya pakein ShopBack, supaya dapet cashback tambahan. Jadi, udah dapat harga lebih murah, eh, dapet cashback juga. Yak, buat yang belom tau jadi, ShopBack ini tuh aplikasi yang bakal ngasih kita cashback tambahan ya setiap transaksi di e-commerce. Dan pilihan e-commerce-nya juga ada banyak banget, Pak! Mulai dari Tokopedia, Blibli, Lazada, sampai e-commerce travel kayak Agoda dan tiket.com juga ada. Makanya setiap transaksi online kayak gini tuh saya biasain #MulaiDariShopBack.

Baca Juga :   Kode Redeem FF 1 Oktober 2021 Yang Masih Aktif Hari Ini

Nah, cara pakainya gimana? Ternyata gampang banget ya. Tapi, tahan dulu nih. Tahan. Kita sekarang lanjut ke bahas smartphone-nya dulu ya. Yaa kalo dipikir-pikir sih selisih cuma sekitar Rp 500 ribu mending ambil S20 FE Snapdragon aja toh ini ‘kan Samsung seri-S dan udah pake Snapdragon 865 juga yang performa-nya sendiri masih tokcer banget buat saat ini. Tapi yaa, demi harga yang lebih murah, tentu ada yang “dikorbanin”, Pak yaitu nggak ada fitur 5G-nya. Emang nggak pernah dijelasin sih, apakah 5G ini tuh bener-bener absen atau suatu saat nanti bisa diaktifin. Tapi, mengingat Snapdragon 865 ini modem 5G-nya terpisah dari chipset yaa sebenernya masih cukup masuk akal ya demi harga yang lebih murah, ya fitur 5G-nya dihilangin.

Beda nih sama Snapdragon 778G yang ada di A52 5G. Ini modem 5G-nya memang sudah terpasang jadi satu dengan chipset-nya. Cuman untuk saat ini sih A52 5G memang belum bisa pake jaringan 5G di Indonesia karena pas saya cek di halaman operator kayak XL, Telkomsel dan juga Indosat ini smartphone memang belum terdaftar. Mungkin segera kali yah. Karena kalo ngeliat dukungan band 5G-nya, mulai dari N3 sampe N40 yaa harusnya sih smartphone ini udah bisa pake jaringan 5G resmi di Indonesia. Yak, karena fitur 5G-nya sendiri belum bisa dipake mending kita bahas soal performa-nya dulu deh yang cukup bikin penasaran nih, antara 778G dengan 865. Sebenernya pas dipake buat harian ini hampir nggak keliatan bedanya gitu ya. Udah sama-sama “ngacir”, sama-sama “nge-gas”. Udah enak lah dipake buat ngapa-ngapain. Cuman yang perlu saya share di sini 778G ini ternyata punya karakteristik nih yang mirip dengan Snapdragon paling “buas” saat ini yaitu Snapdragon 888.