Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan

12. 9 manfaat tidur siang yang menakjubkan
12. 9 manfaat tidur siang yang menakjubkan

Inforakyat.id – Karena aktivitas yang padat kadang kita tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, terutama di siang hari, padahal kualitas dan kuantitas istirahat itu sangat penting sekali, bukan hanya pada malam hari mengistirahatkan tubuh di siang hari juga sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga kita agar kembali segar.

Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan

Salah satu cara yang paling efektif dalam mengistirahatkan tubuh adalah dengan tidur siang. Tidur siang selain dapat memulihkan tenaga pasca bekerja atau beraktivitas  di siang hari ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak 9 manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan memori otak.

Tidur siang diketahui memang cukup efektif dalam memulihkan tenaga seseorang, tidak terkecuali otak. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan tidur siang secara teratur selama 20-30 menit memiliki daya ingat lebih baik dibandingkan mereka yang tidak, hal ini dibuktikan dengan tes memori yang dilakukan kepada responden 2,5 jam setelah melakukan tidur siang.

  1. Mencegah penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa tidur siang diketahui mampu mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya hingga 37 persen. Hal ini mungkin dipicu karena orang yang tidur siang akan memiliki perasaan yang lebih tenang dan rileks sehingga mengurangi tingkat stres. Stres selain bisa menurunkan sistem imun ternyata juga dapat memicu penyakit jantung.

  1. Meningkatkan kewaspadaan.

National Sleep Foundation melaporkan sebuah studi NASA, menemukan bahwa 40 menit tidur siang dapat meningkatkan kinerja para pilot hingga 34 persen, hal ini meliputi tingkat kewaspadaan. Untuk itu sebaiknya jika anda sedang berkendara jarak jauh usahakan berhenti beberapa menit untuk beristirahat, meskipun tidak tidur setidaknya beristirahat akan membantu memulihkan tingkat kewaspadaan anda selama berkendara.

  1. Menghilangkan rasa malas.

Banyak tidur akan membuat orang mnjadi malas, tapi mencukupi kebutuhan tidur justru membuat orang menjadi lebih bersemangat. Hal ini diakibatkan saat seseorang tidur siang maka otak menjadi lebih segar dan bersemangat, sehingga rasa malas menjadi berkurang.

Baca Juga :   Laptop Asus untuk Gaming, Sudah Punya Belum?