Mana yang Anda Kerjakan, Marketing atau Advertising ?

Marketing atau Advertising
Marketing atau Advertising

Mana yang Anda Kerjakan, Marketing atau Advertising ? – Tidak bisa dibantah, marketing adalah unsur terpenting dalam sebuah bisnis. Hidup tidaknya sebuah usaha ditentukan oleh kualitas tim marketing sendiri. Tanpa tim marketing yang mumpuni, perusahaan tidak akan mampu menjual. Apa hubungan marketing dengan advertising? Sebuah perusahaan pasti memiliki tim marketing yang sudah siap dengan strategi Marketing dan Advertising adalah satu bagian dalam marketing.

Orang sering kebingungan, mana yang harus dikerjakan, marketing atau advertising? Sebetulnya, tanpa advertising, strategi marketing tidak akan berjalan dengan maksimal. Advertising atau promosi adalah usaha mengiklankan produk yang dimiliki. Artinya, marketing tidak akan maksimal tanpa advertising yang maksimal pula. Bagaimanapun hebat cara marketing yang perusahaan lakukan, tanpa didukung advertising yang kuat, konsumen akan kurang mengerti akan produk yang dimiliki.

Periklanan atau advertising dapat dipahami sebagai elemen pendukung dari suatu strategi pemasaran yang dijalankan. Apabila Anda telah berhasil melakukan analisa dan menentukan siapa target pasar yang akan menjadi sasaran, selanjutnya Anda harus menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka. Anda harus mempunya rencana dan strategi pemasaran untuk menempatkan produk Anda seoptimal mungkin di pasar yang sangat luas. Anda dituntut untuk sebisa mngkin mengkomunikasikan produk tersebut kepada mereka untuk mempengaruhi perilaku pasar, agar mereka terdorong untuk membeli produk anda. Sebagai bagian dari usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan hal tersebut, periklanan atau advertising harus strategis dan fokus terhadap posisi mereka pada media kreatif

Dalam mengiklankan sebuah produk, produsen harus cukup cerdas memilih tema iklan yang tepat sasaran. Tujuan dari iklan adalah memberikan pengetahuan pada calon konsumen akan keberadaan produk tersebut. Dalam strategi marketing, advertising menduduki peran penting untuk memberi efek “product awareness” pada konsumen. Tanpa iklan, konsumen boleh jadi belum pernah mendengar dan melihat produk yang dipasarkan.

Mengingat pentingnya promosi, banyak perusahaan sudah memiliki kesadaran tinggi bahwa mereka harus tidak segan merogoh anggaran lebih banyak untuk beriklan. Hal ini berimbas pada naiknya iklim bisnis advertising Indonesia. Betapa tidak, spot iklan di televisi di jam-jam sibuk selalu penuh oleh tayangan-tayang jeda komersial. Buat perusahaan, semakin sering iklan mereka tampil, konsumen akan makin mengenal produk mereka dan kemudian menjadi tugas tim marketing lapangan untuk mem’follow-up’ hal tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Promosi ? dan Apa Jenis-jenisnya

Bisnis advertising Indonesia benar-benar mengalami peningkatan yang signifikan ketika semua media iklan bergerak cepat. Saat ini, setiap mata memandang, suguhan iklan akan dapat terlihat dengan mudah. Baliho-baliho bertebaran memenuhi atmosphere kota. Layar-layar elektronik raksasa menampilkan slot-slot iklan. Selebaran, leaflet, pamflet, booklet dan berbagai media advertising lainnya hampir selalu tersedia disetiap sudut kota. Artinya, kesadaran beriklan sudah sangat tinggi. Sesungguhnya, dalam bisnis, Marketing dan Advertising tidak pernah berjalan sendiri.