Iklan Facebook Berbayar, Apakah Efektif Untuk Promosi Online?

Iklan Facebook Berbayar Untuk Promosi Online
Iklan Facebook Berbayar Untuk Promosi Online

Media online menggunakan tata cara yang sangat berbeda baik dalam menentukan target market sampai pada penentuan biaya. Oleh sebab itu, sebelum mencoba menggunakannya, anda disarankan untuk mempelajarinya dan menggunakan budget terendah terlebih dahulu.

Penyebab kerugian menggunakan iklan Facebook juga biasanya karena anda tidak mengetahui bagaimana menentukan target market. Ketika anda memasang iklan di Facebook, anda wajib mengatur siapa target market anda. Mengatur target market adalah kunci pertama yang sangat menentukan sukses tidaknya iklan anda nantinya.

Masalahnya, masih banyak orang yang belum mengetahui siapa sebenarnya target market produk atau jasa yang mereka tawarkan. Misalkan saja anda menjual mobil mewah, tentu saja seharusnya target market anda adalah orang-orang yang minimal menyukai mobil bukan?

Kerugian dalam memasang iklan Facebook berbayar bisa terjadi ketika anda ingin mengiklankan mobil mewah namun memasang target market semua orang. Sebelum iklan anda sampai di depan orang yang tepat, dana yang anda miliki sudah habis terlebih dahulu.

Semua itu hanya karena salah menentukan target market sejak awal. Target market kelihatannya memang tampak seperti poin tidak penting, namun jika mau diperhatikan dan diurutkan, target market itu memegang peranan sangat penting pada performa iklan.

  • Menyasar target market yang mahal dengan budget sangat rendah

Jika anda sudah benar dalam menentukan target market, anda masih bisa juga mengalami kerugian ketika menggunakan iklan Facebook berbayar. Hal lain yang dapat menjadi penyebab anda mengalami kerugian adalah karena budget yang anda gunakan terhitung sangat rendah untuk target market yang anda inginkan.

Perlu anda ketahui, setiap target market di Facebook itu tidak sama nilainya. Semakin banyak orang yang menyasar target market tertentu, maka semakin tinggi biaya iklan yang anda butuhkan untuk menyasar target market tersebut.

Jadi misalkan saja anda ingin menjual vapor (rokok eletrik yang sedang naik daun) dengan menggunakan iklan di Facebook, kemungkinan besar anda tidak bisa menjangkau terlalu banyak orang dengan menggunakan budget terendah. Kenapa? Karena pasti juga telah banyak orang yang menggunakan fitur iklan Facebook untuk mengiklankan produk sejenis.

  • Produk atau jasa yang anda iklankan memang tidak menarik

Iklan Facebook berbayar juga bisa tampak tidak memberikan keuntungan sama sekali bukan karena anda salah mengatur target market ataupun budget. Anda mungkin saja sudah mengatur target market yang tepat untuk produk atau jasa yang anda tawarkan, dan andapun mungkin sudah menggunakan budget yang sedikit lebih tinggi dari budget yang disarankan.

Namun masih ada kemungkinan anda mengalami kerugian ketika produk atau jasa yang anda tawarkan memang kurang menarik bagi konsumen. Tak sedikit alasan penyebab kenapa konsumen tidak tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal tersebut bisa dikarenakan kualitas produk atau jasa, harga produk atau jasa, ataupun karena konten iklan anda yang kurang menarik.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Untuk Menggunakan Iklan Facebook Secara Efektif

Memang ada cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan iklan Facebook berbayar menjadi kurang bermanfaat dan menyebabkan kerugian. Namun bukan berarti iklan berbayar di FB itu jelek. Jika anda memang ingin memaksimalkan penggunaan iklan ini, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut dengan benar.