Goa Kalibbong Aloa, Pesona Eksotis di Pangkep, Sulawesi Selatan

Goa Kalibbong Aloa Pangkep
Goa Kalibbong Aloa Pangkep

Goa Kalibbong Aloa di Sulawesi Selatan adalah  tempat wisata yang masih asri dan belum dijamah oleh banyak orang, Goa Kalibbong Aloa Pangkep masih terjaga keasliannya. Caving di Goa Kalibbong Aloa merupakan suatu hal menarik yang wajib anda coba, pasalnya keabstrakan ornamen-ornamen mampu membangkitkan imajinasi si pengunjung.

Karst Maros-Pangkep adalah surganya alam bawah tanah. Bahkan rekor Goa Terpanjang se-Indonesia masih dipegang oleh Goa Salungkang Kallang yang masih termasuk kawasan  Karst Maros. Asal mula nama Goa Kalibbong Aloa, Kalibbong yang berarti lubang, sedangkan Aloa berasal dari kata Alo yang berarti sejenis burung Rangkong (hornbill). Dinamakan demikian karena disekitar area mulut goa ini ditemukan sarang-sarang burung Rangkong.

Mulut goa terletak di bagian atas tebing kapur diketinggian 218 meter dari permukaan tanah dengan kecuraman sebesar 90°, sehingga jika ingin masuk ke gua tersebut kita harus memanjat dan merayap.

Lokasi Goa

Goa Kalibbong Aloa letaknya berada di Kampung Belae, Kel Biraeng, Kec Minatesane, Pangkep, Sulawesi Selatan.  Jarak nya dari perbatasan Maros- Pangkep sejauh 8Km.  Goa ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Apabila kalian dari luar daerah Sulawesi Selatan, Kalian dapat menuju ke Bandara Sultan Hasanuddin, dari Bandara Sultan Hasanuddin kalian akan menempuh waktu kurang lebih 60 menit alias satu jam. Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Ibukota Sulawesi Selatan, Makassar, sekitar 32 kilometer.

Pemandangan indah di dalam Goa

Goa Kalibbong Aloa Pangkep
Goa Kalibbong Aloa Pangkep by indonesiatraveler.id

Bagi para pengunjung yang hendak masuk ke mulut Goa Kalibbong Aloa, kalian harus mendaki terlebih dahulu dengan ketinggian 300 meter dan tingkat kecuraman hampir 90°. Setelah mendaki, anda dapat melihat dan meikmati indahnya  pemandangan dari sana.

Baca Juga :   Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

Goa tersebut merupakan goa horizontal bercabang dengan panjang lorong sekitar 500 Meter, dan memiliki ornamen yang sangat menarik dan cantik nan masih alami.

Untuk menuju ke Goa Kalibbong Aloa kalian dapat mengikuti petunjuk dari Google Map dengan mengetik “Biraeng” setelah sampai di Biraeng kalian dapat bertanya kepada warga sekitar untuk menuju ke Goa Kalibbong Aloa.

Fasilitas belum tersedia disekitar sana, peralatan caving harus kalian bawa sendiri dari basecamp kalian, dan jangan lupa untuk meminta izin kepada RT dan RW untuk caving di Goa Kalibbong Aloa.

Utamakan keselamatan, jangan nekat tanpa didampingi oleh pendaki profesional. Jaga etika serta tata kelakuan saat di desa orang lain. Dimana Bumi Di Pijak Di Situ Langit di Jujung, dimana kita berada maka selalu bertata kelakuan yang baik.

Tips- Tips ke Goa Kalibbong Aloa

  • Jangan lupa membawa peralatan caving sendiri
  • Jangan lupa untuk meminta izin kepada RT dan RW setempat
  • Jagalah tata kelakuan
  • Jagalah lingkungan dimanapun kalian berada
  • Jangan Berkelakuan seenaknya sendiri

Penginapan disekitar Goa Kalibbong Aloa Pangkep ini belum tersedia, namun jika kalian ingin bermalam di Goa Kalibbong Aloa, kalian dapat membawa tenda untuk tidur didalam goa, atau, kalian dapat izin untuk numpang bermalam di rumah warga sekitar.

Akhir Kata

Demikian ulasan kami tentang salah satu pesona wisata goa di Pangkep, Sulawesi Selatan, semoga bermanfaat. Selamat Berwisata