Email Phising, Kenali Ciri-Cirinya Di Sini!

Email Phising
Email Phising

Bahasa tidak tertata

Ciri yang pertama dan mudah untuk Anda kenali bisa dilihat dari segi bahasanya. Pada umumnya para pelaku phising mengirim pesan dengan bahasa yang tidak tertata. Sementara jika pesan email yang dikimkan oleh institusi resmi akan menggunakan kalimat yang tertata, rapi, profesional dan sesuai dengan KBBI.

Namun jika email yang dikirimkan oleh para pelaku phishing tidak demikian karena para pelaku hanya orang biasa yang bisa jadi tidak memahami tata bahasa yang baik dan benar. Namun seiring berjalannya waktu bisa jadi para pelaku mulai menirukan gaya bahasa kalimat dari sebuah email resmi. Oleh karena itu Anda perlu mencermati ciri – ciri lainnya.

Terdapat tautan link atau URL

Ciri email phising yang selanjutnya dapat ditinjau dari url – nya. Dalam email dari para pelaku biasanya terdapat tautan atau link dengan tujuan agar calon korban mau mengklik tautan atau link tersebut.

Dari link tersebut para calon korban akan diarahkan untuk masuk ke jebakan. Oleh karena itu, Anda harus bisa membedakan antara url yang asli dan url yang palsu agar tidak masuk kedalam perangkap pelaku.

Alamat email tidak resmi

Ciri selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah dilihat dari alamatnya yang tidak resmi. Alamat resmi email biasanya berupa info@edu.co.id dan lain sebagainya.

Namun email dari para pelaku phishing umumnya menggunakan alamat email yang tersedia secara gratis, misalnya menggunakan alamat email dengan nama domain yang aneh namun tidak terlihat profesional.

Website palsu yang mirip dengan website asli

Sebagaimana yang kita jelaskan diatas, biasanya para pelaku phising akan mengirimkan tautan pada pesannya. Dengan demikian calon korban akan masuk ke dalam tautan dan menuju ke laman sebuah website, seperti website bank dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Kode Redeem Higgs Domino 12 Oktober 2021 Belum di Pakai

Jika dilihat sekilas, laman website yang dibuat oleh para pelaku mirip dengan website aslinya yakni dengan adanya logo yang sama dengan institusi terkait. Namun apabila Anda mencermati dengan baik, maka Anda akan mengetahu bahwa halaman website tersebut palsu.

Baca Juga : Cara Terhindar Dari Penipuan Phishing

Nah, itulah ulasan mengenai ciri – ciri dari email phising yang harus Anda ketahui agar terhindar dari kehilangan data pribadi bahkan rekening pribadi. Semoga ulasan diatas bisa membuat Anda lebih berhati – hati dalam bermedia sosial.