Danau Singkarak, Objek Wisata Danau yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumatera Barat

Danau Singkarak, Objek Wisata Danau yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumatera Barat – Di Sumatera Barat sangat banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi, di antaranya wisata puncak, wisata pantai, wisata air terjun, wisata sejarah dan banyak lainnya yang dapat kita kunjungi di Sumatera Barat.

Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Sumatera Barat adalah Objek Wisata Danau Singkarak. Dan artikel ini akan mengulas tentang wisata Danau ini yang sangat populer dari dahulu hingga sekarang. Yang banyak di datangi wisatawan lokal maupun wisatawan luar Negeri.

Di Sumatera Barat terdapat beberapa danau, akan tetapi danau yang terbesar di Sumatera Barat adalah Danau Singkarak. Kemudian jika di bandingkan dengan danau lainnya, Danau ini adalah danau terbesar ke dua setelah Danau Toba di Pulau Sumatera.

Kemudian bagi kita yang pergi ke Sumatera Barat kita wajib mencoba untuk mengunjungi tempat wisata Danau Singkarak ini, di danau ini kita bisa melihat pemandangan yang indah hingga dapat melepaskan penat atau ingin mandi di Danau ini dan berlibur bersama keluarga. Berikut penjelasan tentang Danau ini bagi anda yang akan menikmati liburan.

Sejarah Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua di Pulau Sumatera, dan danau terluas yang ada di Sumatera Barat. Luas Danau ini lebih kurang 1000 hektar. Danau ini terletak pada dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Dan kedalaman danau ini yaitu sekitar 68 meter. Dan danau ini berada di ketinggian 363,5 meter dari permukaan laut dan danau ini adalah salah satu danau tektonik yang ada di Indonesia.

Salah satu peneliti menyebutkan dahulunya Danau Singkarak tidaklah sepanjang yang sekarang. Karena panjang danau ini bertambah dari waktu ke waktu, jadi makin lama Danau ini makin lama makin panjang, ini di karenakan bahwa danau ini selalu mengikuti pergeseran lempeng bumi, karena danau ini adalah danau tektonik yang ada di Indonesia.

Baca Juga :   Rewardgarena2021 Com Akun Google Klaim Skin Dan Diamond FF Gratis ?

Para peneliti menyebutkan bahwa pada awalnya Danau Singkarak hanya memiliki panjang sekitar 3 Km. Setelah itu danaupun bertambah panjang menjadi 8 Km, kemudian 13 Km dan seperti kita lihat sekarang ini Danau ini panjangnya menjadi 23 Km. Kemudian danau ini di perkirakan akan terus bertambah panjangnya seiring lempengan bumi terus bergeser.

Objek Wisata Danau Singkarak memang sangat luas. Akan tetapi jenis ikan yang ada di dalam danau ini tidaklah banyak. Menurut catatan ikan yang ada di danau ini hanya 19 jenis. Dan di danau ini juga ada ikan yang sangat istimewa, nama ikan tersebut adalah ikan Bilih.

Anehnya ikan bilih ini hanya bisa hidup di danau ini saja. Banyak orang yang telah mencoba mengembangbiakkan ikan ini di luar Danau ini. Akan tetapi ikan tersebut tidak dapat hidup dan bertahan di luar danau.

Selanjutnya —–> Wisata Danau Singkarak