Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula
Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula – Kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang masih termasuk dalam famili Leporidae. Kelinci dapat Anda termukan di berbagai belahan bumi mulai dari daerah beriklim tropis hingga beriklim subtropis, kecuali daerah kutub. Pada mulanya, kelinci adalah hewan yang hidup secara liar dan bisa ditemukan di benua Afrika hingga ke Eropa, namun kemudian hewan ini dijadikan sebagai hewan peliharaan dan dengan cepat segera menyebar ke berbagai daerah di seluruh penjuru dunia.

Kelinci sendiri merupakan salah satu hewan tervaforit yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, bentuknya yang lucu dengan tubuh membulat dan berbulu halus, bertelinga panjang, serta memiliki gigi yang besar di bagian depan membuat hewan ini banyak disukai semua orang baik anak – anak maupun orang dewasa. Kepopuleran kelinci semakin meningkat dengan banyaknya karakter kartun berbentuk kelinci, sehingga kelinci bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan beternak kelinci, berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula

  1. Pembuatan Kandang

Langkah pertama yang Anda lakukan sebelum memulai beternak kelinci adalah dengan membuat kandang bagi kelinci, kandang terbaik yang nantinya dihuni oleh kelinci ini idealnya memiliki suhu 15 hingga 25 derajat celcius serta memiliki sirkulasi udara yang lancar, kandang bisa Anda buat menggunakan material kayu sehingga tidak panas dengan ukuran yang menyesuaikan dengan jumlah kelinci.

  1. Pakan Kelinci

Dalam beternak kelinci tentunya Anda harus memberinya makan agar kelinci tetap sehat, pakan yang diberikan untuk kelinci bisa berupa berbagai jenis sayuran dan diberikan dalam keadaan layu, selain itu Anda juga perlu untuk memberi pakan tambahan berupa pelet khusus yang bertujuan agar kelinci tetap sehat, pelet dibuat dari bahan ampas tahu, dedak, tepung jagung, dan tepung gaple.

Baca Juga :   Peluang Usaha Produsen Boneka Imut
  1. Pemilihan Bibit

Langkah berikutnya dalam beternak kelinci adalah dengan memilih bibit kelinci yang akan Anda ternakkan, kelinci memiliki banyak jenis dan ras yang masing – masing memiliki keunikannya sendiri, di antaranya adalah kelinci penghasil wool yakni kelinci angora, kelinci penghasil daging yakni Chinchilla, kelinci penghasil bulu dan kulit yakni Silver, kelinci hias yakni Nederland Dwarf, dan berbagai jenis kelinci lainnya.

  1. Induk Jantan dan Betina

Kelinci dengan jenis kelamin betina sudah dianggap dewasa ketika sudah menginjak usia 5 sampai 6 bulan, sedangkan kelinci dengan jenis kelamin jantan dianggap dewasa ketika berusia 6 sampai 8 bulan. Untuk bisa mengetahui tanda – tanda birahi pada kelinci yakni dengan memperhatikan jika dagu digosokkan pada kandang, air kencingnya keruh, serta alat kelamin bengkak dan berwarna merah.

  1. Mengawinkan Kelinci

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengawinkan kelinci sehingga jumlah kelinci Anda akan bertambah banyak, waktu terbaik untuk mengawinkan kelinci adalah pada waktu pagi dan sore. Cara mengawinkannya adalah dengan memasukkan pejantan ke kandang betina, setelah 14 hari cobalah Anda raba perut betina jika terdapat benjolan berarti telah terjadi kebuntingan.

Baca Juga : Cara Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples

Kelinci merupakan hewan yang bentuknya sangat imut sehingga sangat populer dijadikan hewan peliharaan, untuk dapat beternak kelinci maka Anda dapat mengikuti artikel di atas. Semoga bermanfaat.