Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain Adsense

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube
Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Banyak orang mengira hanya dengan membuat konten di kanal Youtube, para youtuber akan langsung menghasilkan uang. Padahal, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk menghasilkan uang di Youtube. Karena itu akhirnya banyak YouTuber yang mencari Cara Menghasilkan Uang dari YouTube selain adsense.

Ya, meski yang paling populer sebagai suatu cara menghasilkan uang lewat YouTube adalah melalui program adsense, nyatanya selain adsense masih banyak cara lain yang bisa dicoba untuk mendapatkan pundi – pundi keuntungan dari  YouTube. Apa saja caranya?

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain Adsense

Channel Memberships

Cara Youtube menghasilkan uang selain adsense yang berpotensi positif untuk jangka panjang dan bisa diterapkan tanpa ada batasan adalah membuat Channel Memberships.

Apa itu channel membership?

Channel membership merupakan suatu program keanggotaan yang bisa diikuti oleh fans atau subscriber YouTube dengan menyumbang sejumlah nilai terhadap channel YouTube yang disupport agar terus berkembang dan dapat memberikan tayangan yang selalu positif.

Ketika YouTuber mengaktifkan fitur ini, audiens akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten – konten yang berkualitas dan mengedukasi.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk bergabung di Channel Memberships, antara lain:

  • Minimal berusia 18 tahun
  • Berasal dari negara yang sudah memiliki program ini
  • Bukan channel untuk anak – anak
  • Untuk channel umum minimal mempunyai 30.000 pelanggan
  • Sudah bergabung di Youtube Partner Program
  • Tidak mempunyai banyak video yang diklaim pihak lain, seperti menggunakan musik yang memiliki copyright

Nah, jika telah melengkapi syarat – syarat tersebut, Anda akan mendapatkan pemasukan ekstra. Para pelanggan premium akan mendapat badges sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan untuk berlangganan di konten Anda.

Atau masih ingin tahu tentang apa itu YouTube Partner Program?

YouTube Partner Program merupakan sebuah program dari YouTube yang akan memberikan beberapa fasilitas kepada YouTuber di antaranya :

  • Tidak perlu mencari sponsor sendiri, sebab Youtube sudah memfasilitasinya
  • Dapat mengatur berapa kali iklan muncul
  • Imbalan PPC (jumlah iklan yang di klik) dan CPM (jumlah uang per 1000 views) yang kompetitif

Nah, jika uang yang Anda hasilkan di Youtube Partner Program ini sudah terkumpul sebanyak US$100 atau sekitar Rp. 1,4 juta, bisa langsung dicairkan.

Namun, untuk menampilkan Adsense atau menikmati YouTube Partner Program ini, ada beberapa kelengkapan syarat yang diperlukan. Apa saja? Berikut ini  persyaratan yang harus dipenuhi oleh para Youtube r:

  • Minimal usia 18 tahun atau mempunyai wali yang sudah legal untuk mentransfer pembayaran
  • Mempunyai paling tidak 1000 subscriber
  • Konten Anda telah ditonton lebih dari 4000 jam dalam setahun
  • Tidak melanggar ketentuan dan syarat monetisasi

Menjual merchandise

Untuk melakukan cara ini, Anda harus punya audiens dan audiens tersebut yang akan menjadi  target market utama merchandise Anda.

Pastikan bahwa merchandise yang dijual berkualitas dan bagus, baik dari desain ataupun estetikanya. Biasanya, merchandise yang banyak terjual adalah merchandise yang bisa dipakai dimana saja, bisa digunakan, dan terlihat lucu. Misalnya pakaian, totebag, chasing HP, buku catatan estetik, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika tidak mempunyai modal di awal produksi namun tetap ingin mencoba cara menghasilkan uang yang satu  ini? Gampang, Anda bisa membuka menyediakan layanan on-demand, jadi barang akan dibuat jika ada pesanan.

Menarik, bukan? cara Youtube menghasilkan uang ini sangat direkomendasikan untuk para Youtuber yang ingin mempunyai uang tambahan.

Influencer Marketing

Menjadi influencer marketing sangat direkomendasikan untuk para youtuber yang sudah memiliki subscriber banyak dengan tingkat interaksi yang mengesankan.

Anda bisa mengontak brand untuk mensponsori video – video yang Anda buat. Nah, uang ini 100% akan masuk ke kantong para Youtuber.

Meski terlihat menarik dan bisa dicoba, Anda harus mematuhi syarat dari Youtube untuk konten yang diiklankan. Salah satu syaratnya yaitu mencentang pilihan bahwa konten Anda mengandung promosi berbayar pada saat mengunggahnya.

Kemudian, edit video promosi sebaik mungkin. Jika dibuat asal – asalan, penonton tidak akan tertarik dan merasa kesal menonton channel Anda. Bahkan, brand lain akan berpikir ulang untuk bekerja sama dengan Anda.

Selain itu, pastikan bahwa semua proses berjalan profesional, sebab disini Anda bebas bernegosiasi dengan brand. Hal tersebut berguna untuk menjaga reputasi dengan brand, sehingga selanjutnya Anda tetap bisa bekerja sama dengan brand tersebut.

Mengikuti program afiliasi

Cara ini hampir sama dengan influencer marketing. Bedanya, jika jumlah bayaran influencer marketing sudah disepakati sejak awal, sementara di afiliasi para Youtuber akan memperoleh hasil sesuai dengan performa konten videonya.

Jadi, semakin banyak penonton yang melakukan transaksi melalui tautan afiliasi Anda, maka semakin besar uang yang akan diperoleh.

Agar memperoleh hasil optimal, pastikan menggunakan afiliasi yang nyambung dan cocok dengan video yang Anda buat. Jangan membuat konten tentang jam tangan, namun link afiliasi ke website penyedia hosting dan domain. Salah besar dan tidak akan menghasilkan hasil yang bagus.

Baca Juga : Cara Youtube Banyak Subscribe

Itulah beberapa Cara Menghasilkan Uang dari YouTube selain Adsense yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Bagi para Youtuber, perlu mencoba strategi ini agar menambah uang sebanyak mungkin.

Visited 1 times, 1 visit(s) today