Cara Menanam Terong Ungu Pada Polybag

Cara Menanam Terong Ungu Pada Polybag
Cara Menanam Terong Ungu Pada Polybag

Cara Menanam Terong Ungu Pada Polybag – Terong merupakan salah satu tumbuhan yang masih berkerabat dengan kentang, leunca, dan tomat. Terong yang nama latinnya adalah Solanum Melongena ini adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari India dan Sri Lanka, tanaman ini menghasilkan buah yang mana buahnya tersebut masuk ke dalam kelompok sayur – sayuran. Tanaman terong ini sering ditanam secara tahunan, tanaman ini juga memiliki tinggi mencapai 40 hingga 160 cm dengan daun yang besar dan memiliki lobus yang kasar.

Terong sendiri diIndonesia merupakan salah satu jenis sayuran yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indoneia untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk membuat berbagai hidangan yang rasanya lezat, hal ini menyebabkan banyak orang yang mencoba untuk menanam terong. Jika Anda berpikir bahwa untuk menanam terong harus membutuhkan lahan yang luas maka Anda keliru sebab kini menanam terong juga dapat dilakukan pada lahan yang sempit yakni menggunakan polybag, berikut ini ulasannya.

Cara menanam Terong Ungu Pada Polybag

  1. Pemilihan Bibit

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum menanam terong ungu adalah dengan melakukan pemilihan bibit, caranya yaitu dengan mengambil biji terong kemudian jemur di bawah sinar matahari selama dua jam kemudian angin – anginkan selama kurang lebih 4 hingga 5 hari hingga biji tersebut benar – benar kering, setelah itu Anda simpanlah biji tersebut di tempat kering agar tidak rusak.

  1. Penyemaian Bibit

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penyemaian bibit dengan cara mencangkul tanah agar gembur dan berikan pupuk kandang atau kompos pada area semaian, kemudian tebarlah biji terong yang telah Anda siapkan pada area semaian dan taburkanlah tanah secukupnya di atas biji terong tersebut, setelah itu lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari sebelum dipindahkan dalam polybag.

Baca Juga :   6 Cara Menjalankan Usaha Modal Kecil
  1. Menyiapkan Polybag

Langkah selanjutnya dalam menanam terong ungu adalah dengan menyiapkan polybag, sediakanlah polybag dengan ukuran yang sedang yakni 40 x 50 cm kemudian isilah polybag tersebut dengan tanah yang digemburkan, campurkanlah dengan pupuk kandang dengan rasio 3 : 1, setelah itu tempatkanlah polybag di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung selama dua hari.

  1. Menanam Bibit Terong

Langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah dengan menanam bibit terong ungu yang telah Anda semai, hal ini dilakukan jika bibit terong ungu sudah memiliki 4 hingga 5 helai daun, cabutlah bibit terong ungu dari tempat penyemaian  dengan perlahan dan hati – hati sehingga tidak merusak akarnya, setelah itu tanamlah pada polybag yang sudah disediakan dan berisi media tanam.

  1. Perawatan

Langkah kelima dalam menanam terong ungu setelah Anda melakukan kempat hal tersebut adalah perawatan dengan melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari secara rutin, namun Anda tidak perlu melakukan penyiraman pada saat musim penghujan untuk menghindari busuknya akar, selain itu lakukanlah pembersihan dengan mencabut rumput atau gulma yang ada di polybag.

Baca Juga : Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

Terong ungu merupakan salah satu sayuran favorit bagi masyarakat Indonesia sehingga bagi Anda yang berminat untuk menanamnya dapat mengikuti beberapa cara di atas.