Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag
Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag – Sawi merupakan salah satu jenis tumbuhan sayur yang masih termasuk bagian dari marga Brassica, jenis sayuran yang satu ini biasa dimanfaatkan bagian daun dan juga bunganya sebagai bahan pangan. Sayur sawi sendiri masih menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat populer untuk dikonsumsi di Indonesia, jenis sayuran yang satu ini juga bisa diolah dengan mudah menjadi berbagai macam makanan yang rasanya lezat dan bisa Anda temukan sebagai lauk di rumah maupun di restoran besar.

Sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat populer untuk dikonsumsi membuat jumlah permintaan sawi di pasaran selalu tinggi sehingga hal ini tentu bisa Anda manfaatkan sebagai sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan besar dengan memulai usaha budidaya tanaman sawi. Sebagian besar orang mengira bahwa usaha budidaya tanaman sawi akan membutuhkan lahan yang luas, namun tahukah Anda jika tanaman sawi ternyata bisa ditanam di polybag sehingga tentu saja akan bisa Anda lakukan di lahan yang sempit, jika Anda penasaran maka simaklah ulasan berikut.

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

  1. Menyiapkan Bibit

Sebelum memulai usaha budidaya sawi, tentu saja Anda harus menyiapkan bibit sawinya terlebih dahulu. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan bibit sawi adalah membelinya di toko pertanian yang ada di kota Anda, sebaiknya Anda membeli di toko pertanian yang terpercaya dan memilih bibit sawi yang bersertifikat sehingga membuktikan bahwa bibit tersebut memang berkualitas.

  1. Menyemai Bibit Sawi

Setelah mendapatkan bibit sawi yang berkualitas, maka Anda perlu menyemainya terlebih dahulu, proses penyemaian ini bisa Anda lakukan di lahan ataupun di pot berukuran kecil. Pada saat proses penyemaian, pastikanlah untuk menyiram bibit dengan cara memercikkan sedikit air pada waktu pagi dan sore hari, proses yang satu ini memakan waktu kurang lebih 3 hingga 4 minggu.

Baca Juga :   Arti Mimpi Yang Sering Terjadi Lengkap Dari A Sampai Z
  1. Proses Menanam Sawi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menanam bibit sawi yang telah disemai, Anda perlu menyiapkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang di dalam sebuah polybag. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm, kemudian tanamlah bibit sawi tersebut ke dalam lubang tanam, setelah itu padatkanlah kembali lubang tanam dengan menggunakan tanah.

  1. Pemeliharaan Tanaman Sawi

Proses pemeliharaan merupakan salah satu proses yang harus Anda perhatikan karena akan sangat mempengaruhi hasilnya. Anda bisa melakukan penyiraman tanaman sawi pada waktu pagi dan juga sore hari serta memberikan pupuk tambahan berupa pupuk organik paling tidak seminggu sekali, selain itu cabutlah gulma yang tumbuh di sekitar tanaman sawi agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

  1. Pemanenan Sawi

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang masa panennya cukup singkat yakni sudah bisa dipanen setelah berusia 2 bulan sejak masa tanam, Anda bisa memanennya dengan dua cara yakni memotong daunnya saja atau mencabut seluruh tanaman sawi. Apabila Anda ingin tanaman sawi tersebut tetap tumbuh, maka Anda bisa memanen dengan memotong bagian daunnya saja agar tanaman tetap hidup.

Baca Juga : Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

Sawi adalah salah satu tanaman sayur yang sangat populer untuk dikonsumsi, saat ini Anda telah bisa menanam sawi di dalam polybag sehingga tidak membutuhkan lahan luas. Semoga bermanfaat.