Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah
Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah – Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah tumbuh. Bahkan di pekarangan rumah pun anda sudah bisa menanam buah satu ini dengan teknik sederhana. Lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. namun jika perawatannya baik anda bisa mendapatkan buah pepaya yang lebat hanya dari pekarangan rumah saja. untuk menanam pepaya, anda bisa menggunakan beberapa teknik sederhana. Mulai dari persiapan lahan yang mesti dinetralkan terlebih dulu menggunakan dolomit.

Selain itu tahapan penanaman pepaya mesti dilakukan secara bertahap. Mulai dari persiapan benih hingga pemindahan benih ke dalam lahan. Pemeliharaan pohon pepaya sebenarnya cukup mudah. asalkan kita rajin menyiram dan memupuknya secara teratur maka pepaya akan berbuah lebih lebat dan tumbuh subur. nah, bagi anda yang ingin memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pepaya, berikut beberapa cara mudahnya yang bisa anda coba.

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

  1. Persiapan lahan

Untuk menanam pepaya, sebaiknya siapkan lahan terlebih dulu dengan menggemburkan tanah. Gemburkan tanah dan tambahkan pupuk kandang secukupnya. Jika tanah memiliki pH yang cukup tinggi sebaiknya netralkan terlebih dulu dengan dolomit sebanyak 5 kg tiap halaman. Media untuk tanam umumnya berbentuk bedengan dengan ukuran 2.5 meter. Jarak antar bedengan sekitar 60 cm.

  1. Tahap tanam

Bibit pepaya siap tanam umumnya berusia 1-2 bulan. Untuk memindahkan benih anda mesti merobek kantong polybag agar kantong tersebut tidak rusak dan hancur. Setelah itu benamkan bibit tersebut ke dalam lubang tanam. Selanjutnya timbun kembali bibit dengan tanah dan biarkan tanah tetap gembur.

Baca Juga :   Toca Boca World Versi 2022 V1.44.1 MOD APK
  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman pepaya cukup mudah. anda mesti melakukan pemupukan, penyiangan, dan penyiraman secara teratur. Penyiraman bisa anda lakukan ketika musim kemarau. Anda bisa membuat saluran air yang terdapat diantara bedengan. Untuk pemberian pupuk dilakukan setiap tiga kali ketika tanaman sudah berumur satu minggu. Komposisi pupuk mesti diperhatikan secara seksama.

  1. Pemupukan

Untuk pemupukan, anda bisa memberikan porsi TSP dan ZA sebanyak 50 gram. Tambahkan pula KCL dan Urea sebanyak 25 gram. Porsi tersebut bisa anda berikan jika tanaman sudah masuk usia satu minggu. Jika tanaman sudah berumur 3 bulan, tambahkan porsi ZA dan TSP menjadi 75 gram. Urea dan KCL sebanyak 50 gram. Porsi pupuk tersebut juga sama jika tanaman sudah memasuki usia 6 bulan.

  1. Panen

Pepaya siap panen jika sudah memasuki usia 9-11 bulan. Biasanya buah yang siap panen memiliki ukuran yang lebih besar dan warna kekuningan. Warna kekuningan pada buah siap panen ini memiliki garis semburat yang jelas. Petik buah pepaya secara perlahan dan upayakan ketika proses penyimpanan tidak mengalami kerusakan agar harga jualnya tetap stabil.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe di Polybag

Itu dia berbagai Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah yang bisa anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.