Cara Membuat File RAR Di Android Dengan Mudah

Cara Membuat File RAR
Cara Membuat File RAR

Sebenarnya cara membuat file RAR di Android bukanlah perkara yang sulit. Meskipun dalam keseharian telah terbiasa membuat file RAR menggunakan laptop atau PC dengan menggunakan software bernama Winrar, 7zip, atau sejenisnya.

Kalau kalian lebih terbiasa melakukan banyak aktivitas dengan menggunakan handphone android, jangan khawatir! Karena ada juga cara menggabungkan file rar di android dengan langkah yang mudah diikuti.

Kalau ternyata Anda belum tahu cara membuat dan membuka format RAR dan ZIP menggunakan handphone, maka Anda dapat menyimak beberapa uraian dari domain.com kali ini sampai tuntas.

Cara Mengkompres File RAR dan ZIP di HP Android

Tidak sesulit yang sering dibayangkan sebelumnya bahwa membuat file RAR atau ZIP di Android dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat mengikuti cara untuk mengkompres menjadi file rar zip di hp android dengan langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama Anda dapat menjalankan aplikasi RAR di HP Android yang Anda gunakan.
  2. Kemudian untuk selanjutnya Anda hanya perlu mencari file yang ingin Anda kompress ke file zip rar.
  3. Lanjutkan proses dengan cara tap dan tahan pada file tersebut.
  4. Kemudian Anda dapat memilih Add too NAMAFILE.rar, untuk mengkompres file secara langsung sesuai dengan nama file zip rar.
  5. Meskipun demikian ada cara lain yang dapat Anda gunakan yaitu dengan memilih Add to archive, atau icon di bagian atas layar. Kemudian untuk membuka halaman Archiving options, yang mana di tempat tersebut dapat mengatur nama file, memilih format ekstensi RAR atau ZIP.
  6. Selain itu juga dapat menentukan tempat folder penyimpanan menu BROWSE, dan juga kita bisa membuat file zip rar tersebut terkunci dengan password. Dapat memanfaatkan menu SET PASSWORD.
  7. Setelah semua langkah di atas selesai maka Anda tinggal memilih tombol OK untuk melanjutkannya.
Baca Juga :   Kode Redeem Genshin Impact 2.2 4 Oktober 2021

Membuka atau Mengekstrak File RAR/ZIP di Android

Selain cara membuat file RAR di Android yang tidak kalah penting adalah cara membuka dan mengekstrak file RAR pada handphone Android. Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

  1. Langkah pertama Anda harus menghidupkan terlebih dahulu HP Android yang Anda miliki.
  2. Selanjutnya download dan install aplikasi RAR dari Google Play Store.
  3. Setelah sudah terinstal dengan sempurna, jalankan aplikasi RAR.
  4. Selanjutnya, Anda harus memastikan sudah memberikan izin aplikasi RAR untuk mengakses foto, media dan file yang ada di perangkat Android yang digunakan, dengan memilih Allow.
  5. Jangan lupa untuk mencari file dengan format ekstensi .rar ataupun .zip.
  6. Setelah file tersebut ketemu anda dapat memilih file tersebut.
  7. Agar lebih jelas contohnya seperti DATA DIRI.RAR.zip.
  8. Kalau hanya ingin sekedar membuka saja file RAR tersebut maka Anda hanya perlu melakukan tap-tap saja. Sampai isi dari file tersebut ditampilkan untuk Anda lihat.
  9. Namun, pada umumnya orang ingin membuka file rar dengan folder atau file terpisah. Sehingga harus dilakukan extract file zip tersebut.
  10. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan tap dan tahan file zip rar tersebut.
  11. Pada tahap ini terdapat 3 Pilihan Untuk Extract File ZIP RAR.
    1. Extract to CONTOH FILE RAR/: gunanya adalah untuk mengekstrak file yang ada di lokasi penyimpanan saat ini, kemudian membuat nama baru yang sesuai dengan nama file zip rar tersebut.
    2. Extract here: Gunanya adalah untuk mengekstrak semua isi file zip rar yang ada di lokasi penyimpanan sekarang.
    3. Extract files: Gunanya adalah untuk mengekstrak isi dari file zip rar, ke lokasi penyimpan folder yang sudah ditentukan.
  12. Setelah lanjutkan dengan menu Extract files dan akan muncul halaman Extraction Options, untuk menentukan lokasi penyimpanan folder yang Anda tentukan sendiri. Anda dapat memilih menu Browse.

Baca Juga : Office 2010 Activator

Cukup mudah bukan cara membuat file RAR di Android diatas? Anda dapat segera mencobanya untuk menghemat ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Dredown Instagram Download