Cara Melaporkan Penipuan Online

Cara Melaporkan Penipuan Online
Cara Melaporkan Penipuan Online

Inforakyat.id – Semakin menjamurnya penggunaan sosial media semakin menjamur pula penipuan online yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Bahkan tak jarang di antara mereka mengatasnamakan pihak kepolisian, pemerintah, kementerian dan bahkan perusahaan besar seperti bank BCA, dan sebagainya.

Cara Melaporkan Penipuan Online

Siapa yang terkecoh dengan tipuan tentu akan mengalami kerugian baik dari segi moril dan bahkan material. Tak jarang banyak  korban yang akhirnya mengaku dan berani menyampaikan ada oknum tak bertanggung jawab yang menipu dirinya. Jika Anda juga pengguna sosial media dan merasa ada kejanggalan dengan suatu aktivitas tertentu dan merasa ditipu, ada beberapa tips yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi masalah penipuan online tersebut. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Mengecek penipuan online melalui cekrekening.id

Mengecek penipuan online melalui cekrekening.id
Mengecek penipuan online melalui cekrekening.id

Jika Anda baru pertama kali membeli suatu produk di suatu online shop, mengecek kredibilitas seller terlebih dahulu melalui cekrekening.id sangat dianjurkan. Situs ini bukan situs perorangan.

Cekrekening.id merupakan situs yang dibuat, dikelola dan berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kehadiran situs ini bertujuan membantu pembeli atau calon pembeli mengetahui informasi terkait seller.

Anda juga bisa mengetahui apakah nomor rekening seller yang dikirimkan untuk media transfer memiliki sejarah laporan terkait kasus penipuan atau tidak. Jika memang memiliki sejarah laporan yang kurang bagus, Anda bisa memilih tidak jadi membeli di sana. Sementara jika bersih, baru Anda bisa membeli tanpa ragu sehingga meminimalisir terjadinya penipuan.

Untuk mengecek suatu rekening terindikasi penipuan atau tidak, caranya sebagai berikut :

  • Pertama Anda pilih nama bank
  • Masukkan nomor rekening penjual online
  • Centang re-captcha untuk verifikasi
  • Klik tombol periksa rekening
  • Tampilan informasi yang berkaitan dengan rekening akan muncul di sana
  • Jika terindikasi,
Baca Juga :   Perbandingan iPhone 13 vs Samsung Galaxy S22

 

Melaporkan penipuan online melalui lapor.go.id