Download Dan Cara Install Aplikasi Dapodik 2022

aplikasi dapodik 2022

Inforakyat.id – Tahun ajaran baru 2021/2022 menambah kesibukan baru bagi perangkat sekolah. Terutama bagi mereka yang menduduki posisi input data. Untungnya kali ini ada aplikasi dapodik 2022 yang baru saja dirilis pada tanggal 19 Juli 2021 kemarin.

Tentu saja akan sangat menguntungkan bagi karyawan sekolah yang bertugas. Jadi mereka tidak harus melakukan manual, disana sudah ada daftar isisan yang tersedia dari berbagai kategori.

Jadi perangkat sekolah yang bertugas hanya tinggal mengisinya saja sesuai dengan kebutuhan dan kondisi real dilingkungan sekolahnya.

Apa Itu Aplikasi Dapodik?

Ada yang belum tahu ya rupanya, aplikasi dapodik adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. Aplikasi ini adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh instansi yang berada dibawah kementrian tersebut. Yaitu semua sekolah negeri yang ada di Indonesia mulai dari jenjang PAUD sampai SMA.

Aplikasi ini setiap tahun selalu diperbarui ketika mendekati tahun ajaran baru. Memang pada umumnya, awal kesibukan menggunakan aplikasi dapodik ini adalah pada awal semester ganjil. Tujuan dari update tersebut tidak lain untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dan juga menghilangkan bug yang ada.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk menjaring semua data sekolah yang ada pada naungan kementrian pendidikan. Tujuannya antara lain digunakan sebagai bahan acuan UN, pemberian dana BOS dan juga bansos. Intinya, semua data sekolah akan dikumpulkan dan akan digunakan sewaktu-waktu jika ada kepentingan yang berkaitan.

Download Aplikasi Dapodik 2022

Kami anggap anda sudah paham mengenai apa itu aplikasi dapodik dan juga fungsinya. selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan aplikasi tersebut untuk kemudian dipasang pada komputer sekolah. Silahkan anda perhatikan, aplikasi tersebut adalah resmi dari kementrian pendidikan, artinya anda bisa mengunduhnya pada situs resmi dari kemendikbud.

Baca Juga :   Nonton My Strange Hero Sub Indo Full

Mungkin diluar website resminya banyak anda temukan beberapa link download alternatif. Namun sebagai langkah aman, sebaiknya anda melakukan proses download melalui link resminya.

  • Anda buka link https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  • Ada dua pilihan dari halaman tersebut, silahkan anda pilih sesuai dengan jenjang sekolah ditempat anda.
  • Misalkan saja anda memilih “Installer Dapodik Vokasi (SMK)”, silahkan klik tulisan tersebut.
  • Anda akan dibawa pada halaman baru, klik “download” disebelah kanan atas.
  • Tunggu proses download selesai dan sekarang anda bisa melakukan proses instalasi.

Begitulah kira-kira caranya, mudah bukan? Jika masih kesulitan, silahkan anda tanya pada teman yang lebih memahaminya.

Cara Instal Dapodik 2022

  • Setelah anda download aplikasi dapodik 2022, selanjutnya adalah melakukan instalasi pada perangkat komputer yang digunakan. Caranya juga cukup gampang, silahkan anda ikuti langkah dari kami berikut.
  • Cari file yang sudah anda download sebelumnya.
  • Dobel klik pada file installer tersebut.
  • Jika muncul peringatan, klik saja “yes” atau “run anyway”.
  • Pada tampilan awal jendela kecil, anda klik “lanjut”.
  • Centang “saya setuju” kemudian klik “lanjut” lagi.
  • Selanjutnya anda klik “pasang”.
  • Proses akan berjalan otomatis, silahkan anda tunggu sampai finish.
  • Jika proses pemasangan sudah berhasil, klik “selesai”.

Langkah selanjutnya anda buka aplikasi tersebut. Kemudian melakukan pendaftaran sesuai dengan instansi sekolah yang terkait.

 

Selanjutnya —> Cara Uninstall Aplikasi di Laptop