Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan
Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan – Jagung yang memiliki nama latin Zea mays ini merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan kandungan karbohidrat yang sangat penting di dunia. Jagung merupakan bahan makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada jagung lebih kaya dibandingkan gandum dan padi. jagung juga merupakan makanan pokok bagi sebagian orang yang tinggal di negara – negara yang terletak di benua afrika,

Selain digunakan sebagai bahan makanan pokok, jagung juga banyak digunakan sebagai komponen penting bagi pakan ternak, penggunaan lain dari jagung bisa Anda temukan sebagai bahan baku produk turunan dalam berbagai industri di antaranya adalah industri farmasi, kimia, serta kosmetik. Jagung juga merupakan salah satu komoditas yang sangat potensial terutama sebagai bahan baku dari berbagai produk makanan, berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa alternatif produk olahan jagung yang menguntungkan.

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

  1. Susu Jagung

Salah satu alternatif produk olahan jagung yang bisa Anda pilih adalah susu jagung yang merupakan salah satu jenis susu nabati dari bahan baku jagung yang kemudian diekstrak dan diambil susunya, untuk membuat susu jagung maka jagung harus dipipil terlebih dahulu, kemudian direbus dengan air, setelah itu jagung diblender dan ditambah dengan skim dan CMC, setelah itu jagung kemudian diblender.

  1. Mie Jagung

Alternatif produk olahan jagung kedua yang bisa Anda coba adalah mie jagung yang merupakan salah satu jenis mie yang bahan baku utamanya terbuat dari tepung jagung, untuk bisa membuatnya pertama siapkan tepung jagung, garam, tepung terigu, kemudian aduk hingga rata serta kalis dan elastis, setelah itu Anda bisa mencetak adonan yang tadi dibuat menggunakan cetakan untuk membuat mie.

  1. Beras Jagung

Alternatif produk selanjutnya yang bisa Anda pilih yakni beras jagung yang juga akan sangat menguntungkan, untuk membuatnya pertama Anda harus memisahkan biji – biji jagung kemudian cucilah hingga benar – benar bersih, setelah itu keringkanlah pipilan jagung tadi selama kurang lebih 2 jam. Selanjutnya Anda bisa menggiling menggunakan mesin penepung stainless.

  1. Tepung Jagung

Alternatif yang keempat bisa Anda coba adalah tepung jagung, produk olahan jagung yang satu ini merupakan produk primer jagung yang sangat fleksibel karena dapat digunakan sebagai bahan baku dari berbagai makanan. Tepung jagung sendiri merupakan hasil olahan lebih lanjut dari beras jagung, Anda bisa membuat tepung jagung dengan merendam beras jagung selama sehari semalam.

  1. Pati Jagung

Produk alternatif yang terakhir yakni Pati Jagung. Untuk bisa membuat pati jagung yakni dengan melakukan proses perendaman dan penggilingan kasar. Proses penggilingan ini bertujuan untuk memisahkan kandungan lembaga dan endosperm pada jagung dan juga serat kasar dari pati jagung dan gluten. setelah itu lakukan pemisahan gluten dari pati dan mengeringkan pati jagung.

Baca Juga :   Peluang Bisnis Bulan Ramadan dengan Modal Rp. 3 Juta

Demikianlah ulasan yang dapat kami berikan mengenai beberapa alternatif produk olahan berbahan baku jagung yang menguntungkan sehingga sangat layak untuk Anda coba.