9 Dampak Negatif Kafein Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Kafein Bagi Kesehatan
Dampak Negatif Kafein Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Kafein Bagi kesehatan – Kafein adalah zat yang ditemukan dalam berbagai macam tanaman seperti biji kopi, daun teh dan kakao. Kafein memiliki manfaat sekaligus efek samping bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Kafein tinggi biasanya ditemukan dalam bebebrapa minuman seperti kopi dan softdrink, sedangkah teh, umumnya mengandung kafein dalam jumlah moderat (sedang). Beberapa efek samping dan bahaya kafein:

Dampak Negatif Kafein Bagi Kesehatan

  1. Mempengaruhi kesehatan mental.

Mengkonsumsi terlalu banyak kopi ternyata memiliki efek negatif bagi kesehatan, hal ini dikeranakan kandungan kafein dalam kopi jika dikonsumsi secara berlebih bisa mengakibatkan kelelahan adrenal. Kelelahan adrenal ini sering dialami orang saat mereka mengkonsumsi kafein secara berlebih dari minuman seperti softdrink atau kopi. Gejala kelelahan adrenal ini meliputi kecemasan berlebih, susah tidur, perubahan suasana hati, dan cepat lelah.

  1. Menghambat penyerapan nutrisi.

Dampak negatif kafein yang paling umum adalah menimbulkan masalah pencernaan termasuk mempengaruhi penyerapan nutrisi seperti magnesium dan kalsium. Di dalam sistem pencernaan kafein bertindak sebagai pencahar, yang menyebabkan perut bergerak sebelum menyerap mineral dan nutrisi lainnya, sehingga ini bisa menyebabakan sesorang mengalami malnutrisi. Jika anda suka mengkonsumsi minuman berkafein seperti softdrink, perhatikan jangan sampai berlebihan kadar kafeinnya.

  1. Dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi dimana seseorang mengalami defisit cairan tubuh. Ada banyak penyebab dehidrasi dan yang paling umum adalah keringat berlebih, tetapi selain keringat dehidrasi juga bisa dipicu akibat efek negatif kafein. Mengkonsumsi kafein berlebih akan membuat kita sering buang air kecil sehingga menyebabkan mudah dehidrasi.

  1. Kecanduan.

Orang yang terbiasa minum kopi biasanya akan sulit menghindarinya, hal ini disebabkan kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan kecanduan. Kafein bertindak menekan zat kimia yang disebut adenosin. Penekanan senyawa ini oleh kafein bisa mempengaruhi tubuh sehingga membuatnya merasa berenergi.

Baca Juga :   Tren Keamanan Siber yang Wajib Diwaspadai, Hati – Hati!