8 Makanan Penghilang Stres

Makanan Penghilang Stres
Makanan Penghilang Stres

Makanan Penghilang Stres – Makanan bisa memberikan bantuan kepada seseorang untuk mengatasi stres terutama yang megandung antioksidan tinggi seperti vitamin C. Beberapa buah dan sayur adalah pilihan yang baik untuk memberikan anda manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mental. Makanan memang hanya sebagai tambahan dan bukan cara utama, untuk itu sangat penting bagi anda memperhatikan faktor lain seperti hubungan anda dengan keluarga dan orang-orang disekitar terlebih lagi dengan Sang Maha Pencipta.

8 Makanan Penghilang Stres

Buah alpukat.

Buah alpukat diperkaya dengan glutathione, suatu zat yang secara khusus dapat memblok penyerapan lemak di usus tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten, vitamin E, dan asam folat lebih tinggi jika dibandingkan jenis buah lainnya. Satu porsi alpukat memberikan vitamin B yang tinggi.

Wortel dan ubi jalar.

Makanan yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel adalah sumber mineral, serat dan karbohidrat yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan produksi serotonin. Serotonin dikenal sebagai zat yang mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Mencukupi kebutuhan serotonin dapat dikaitkan dengan penurunan tingkat stres seseorang. Selain itu Ubi jalar dan wortel juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik khususnya vitamin A, karena mereka mengandung betakaroten tinggi  yang membantu pembentukan vitamin A.

Blueberry.

Manfaat Blueberry sangat mengagumkan bagi kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi seperti anthocyanin, antioksidan ini telah dikaitkan dengan  penurunan tingkat oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.  Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini membuatnya dapat membantu memerangi stres. Penelitian di Jerman yang melibatkan 120 orang menunjukkan hasil yang positif mengenai manfaat vitamin C dalam mengurangi tingkat stres dengan cara menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian tersebut 120 orang diminta berpidato kemudian menyelesaikan soal matematika yang sulit. Hasilnya Mereka yang telah diberi vitamin C memiliki tekanan darah dan stres lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Baca Juga :   Press Release sebagai Alat Pemasaran

Ikan salmon.

Makanan yang mengandung tinggi omega-3 selain baik untuk meningkatkan kecerdasan otak juga dapat membantu meringankan stres. Asam lemak Omega 3 ini membantu meningkatkan produksi serotonin sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan mengembalikan mood seseorang pada tingkat yang lebih baik. Selain itu DHA (asam docosahexanoic) di Omega 3 juga bermanfaat memberikan dorongan kesehatan kepada otak sekaligus mengurangi hormon stres.