7 Manfaat dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Manfaat dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh
Manfaat dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Fungsi Lemak Bagi Tubuh – Lemak adalah salah satu bagian paling penting dari diet. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, tidak dapat diserap tanpa lemak. Lemak juga menyediakan energi bagi tubuh. Lemak mengandung lebih banyak energi dari pada nutrisi lainnya (9 kalori per gram).

Ada berbagai jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan tak jenuh. Lemak jenuh biasanya berbentuk padat pada suhu kamar, sedangkan lemak tak jenuh berbentuk cair. Asam lemak jenuh dan lemak trans umumnya dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. Di sisi lain, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda justru memiliki manfaat dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

Berapa banyak lemak yang kita butuhkan? Para ahli mengatakan jika anak-anak harus mendapatkan sekitar 30% lemak dari jumlah kalori. Untuk mencapai tujuan tersebut anda membutuhkan makanan dengan kandungan lemak sekitar 30%. Jika kesulitan sebaiknya anda kira-kira berapa kandungan lemak pada suatu makanan, jika dalam sehari anda sudah terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, itu artinya anda harus menguranginya pada makanan berikutnya. Beberapa makanan yang mengandung lemak seperti susu, selai kacang, minyak zaitun dan buah alpukat.

Manfaat dan Fngsi Lemak Bagi Tubuh Secara Umum

  1. Fungsi lemak sebagai cadangan energi.

Sumber energi utama tubuh adalah karbohidrat, namun tanpa adanya karbohidrat, lemak dapat berfungsi sebagai sumber energi cadangan. Namun perlu diingat bahwa lemak memiliki 9 kalori per gram (dua kali lipat dari protein dan karbohidrat), jadi Anda harus berhati-hati untuk tidak makan makanan tinggi lemak secara berlebihan. Dalam 1.800 kalori, Anda hanya boleh mengonsumsi 40-70 gram lemak.

  1. Fungsi lemak untuk menyerap Vitamin.

Fungsi lemak yang tidak kalah penting adalah menyreap vitamin yang larut dalam lemak. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin D dan E membutuhkan lemak dalam proses penyerapan. Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalisum sedangkan Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu anda membutuhkan asupan lemak dalam jumlah moderat untuk membantu penyerapan nutrisi tersebut.

  1. Fungsi lemak untuk menjaga suhu tubuh.

Lemak di dalam tubuh berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.  Lapisan lemak dirancang untuk menghangatkan tubuh dengan cara melepaskan panas yang membantu meningkatkan suhu ketika kita berada di tempat yang dingin. Hal yang sama juga terjadi pada beruang salju dimana mereka bisa bertahan dalam suhu dingin yang ekstrim di kutub. Beruang menggunakan lemak di dalam tubuh mereka sebagi penghangat alami.

Baca Juga :   2 Cara Melakukan Pendaftaran Vaksin Covid 19 di PeduliLindungi.id & Vaksin.loket.com